Cara Menghindari Cyber Crime

Cara Menghindari Cyber Crime - Cyber crime adalah tindak kejahatan internet yang bisa menyerang siapa saja yang berselancar di dunia maya atau internet. Menurut sebuah survey yang disediakan dan diadakan olen NOrton bahwa pengguna internet sangat takut untuk dibobol akun emailnya ketimbang dibobol aku banknya.
Cara Menghindari Cyber Crime
Kenapa demikian, karena akun email terkadang berisi berbagai informasi penting seperti informasi pekerjaan, poto pribadi atau informasi yg rahasia atau penting lainnya. Disini blog icaraku akan memberikan beberapa tip seperti yang dikutip dari NORTON dan cara dalam menghindari cyber crime.

Cara Menghindari Cyber Crime

1. Ciptakan password yang kompleks
Pssword yang komplek maksudnya adalah password yang payah dan sulit ditebak, hindari menggunakan nama, tanggal lahir, tahun lahir dll, sebaiknya gunakan email dengan kombinasi angka, huruf, simbol dan gantikan password dengan berskala baik untuk akun email anda, atau password facebook atau jejaring sosial lainnya.

2. Terus cek data kartu kredit dan data bank secara regular
Saat ini, data transaksi bank banyak dikirimkan melalui e-mail. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda melakukan pengecekan transaksi secara berkala.

Hal ini dilakukan agar Anda bisa dengan cepat mengetahui apabila ada hal transaksi yang tidak wajar. Jika Anda menggunakan kartu kredit, Anda bisa langsung menghubungi pihak bank dan melakukan pemblokiran. Anda pun bisa mengajukan komplain ke pihak bank agar transaksi tersebut bisa dibatalkan.

3. Jangan sembarangan mengklik link
Saat ini, banyak link yang dapat mengarahkan Anda ke situs phising. Situs tersebut sangat mirip dengan situs aslinya. Bedanya terletak di alamat situs. Sebagai contoh, terdapat situs dengan nama www.faceb00k.com. Situs semacam ini digunakan untuk mencuri username dan password dari korbannya.

Jika Anda mendapatkan e-mail berisi link dari orang yang mencurigakan, sebaiknya Anda segera menghapus e-mail tersebut.

4. Up-date terus antivirus Anda
Antivirus saat ini tidak hanya berfungsi sebagai penghalau dan pembunuh program-program berbahaya. Antivirus juga dapat digunakan untuk melindungi Anda dalam kegiatan berinternet. Antivirus dapat memberitahukan apakah sebuah link dan situs berbahaya atau tidak.