8 Cara Melatih Otak Kanan Menjadi Lebih Kreatif

Cara Melatih Otak Kanan Menjadi Lebih Kreatif - Otak kanan adalah otak yang cendrung tidak sistematis dan literal beda dengan otak kiri yang linear dan terstruktur dan sistematis. Dengan kreatiftas otak kanan seseorang bisa membuat sesuatu yang dilouar logika dan otak kanan seseorang bisa berkarya dengan hasil yang luarbiasa. Kata orang tidak yang mustahil dengan otak kanan, maka asahlah otak kakanmu.

Manusia kebanyakan adalah makhluk yang menganut aliran kiri, artinya kebanyakan manusia dominan menggunakan otak kiri yang berhubungan dengan bahasa, logika, dan simbol simbol dan diarahkan pada pemikiran linear dan vertikal. Hanya sebahagian kecil manusia yang dominan menggunakan otak kanannya, yaitu yang berhubungan dengan fungsi-fungsi emosi, intuitif, dan spasial serta bekerja berdasarkan kaleidoskop dan berpikir lateral (mempertimbangkan masalah dari semua sisi dan sampai pada hal yang berbeda) merupakan bagian otak yang berperan penting dalam kreatifitas.

Cara Melatih Otak Kanan
Otak kanan membuat manusia berpikir kreatif dan cendrung inovatif, makanya orang yang dominan menggunakan otak kanannya mereka akan cendrung kreatif dan inovatif. Karena otak kanan akan menghasilkan pemikiran-pemikiran yang tidak konvensional, tidak sistematis, dan tidak terstruktur. Hal ini tidak berarti hasil pemikiran otak kanan merupakan sesuatu yang sembarangan, namun hasil pemikiran otak kanan berkaitan dengan sesuatu yang baru, yang tidak biasa, dan berbeda dari apa yang ada sebelumnya.

Dalam postingan ini kita akan menjelaskan cara melatih otak kanan menjadi lebih kreatif. Dengan kemampuan berpikir kanan kita akan lebih bermakna dan lebih menghasilkan ketimbang berpikir kiri (menggunakan otak kiri). Right!

8 Cara Melatih Otak Kanan Menjadi Lebih Kreatif

  1. Salah satu cara melatih otak kanan adalah dengan bertanya “Apakah ada cara lain..??” “Dengan begitu, otak kita dipacu untuk mencari alternative-alternatif terbaik!”
  2. Menentang kebiasaan, rutinitas, dan tradisi. "nih dia gan,, wajar aja seorang entrepreneur pasti punya latar belakang yang tidak biasa dan menentang tradisi!"
  3. Melatih otak kanan dengan Memainkan permainan-permainan mental, berusaha melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Ayo gan main rubik! Ngelatih otak dan emosi banget tuh!”
  4. Melihat kesalahan dan kegagalan sebagai modal dan langkah awal untuk memperoleh keberhasilan. "Jangan dikit - dikit ngeluuuuuuuuh aja kerjaanya! Gak guna!"
  5. Menghubungkan ide-ide yang tidak berhubungan untuk menemukan solusi yang baru dan inovatif. “Jangankan menghubungkan ide, ber-ide aja susah.. yang ada juga copas ide!”
  6. Memiliki “keteramplian seperti helicopter” yaitu melihat dari atas dan menyeluruh terhadap berbagai hal rutin yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian mengambil keputusan yang sesuai dengan masalah yang dihadapi.
  7. Kita harus menyadari bahwa ada lebih dari 1 jawaban yang benar. "Ini gak boleh dilakukan bagi anak SMA yang sedang ujian pilihan ganda! Karena hanya; PILIHLAH SATU JAWABAN YANG BENAR!"
  8. Melihat masalah sebagai batu loncatan untuk menemukan ide-ide baru. “Kalau dapet masalahnya terlalu banyak dan berat, berarti sedang di Uji sama yang DI ATAS! jadi itrospeksi diri, :)
Itulah beberapa poin dan cara mengasah otak kanan agar lebih kreatif dan sukses dalam hidup. Kemampuan otak kanan seseorang membuat ia mampu masuk dalam dunia apapun, kita akan bisa menjelajah kemana-mana dengan imajinasi, tetapi otak kiri akan selalu berpikir sistematis dan berpindah dari fase ke fase yang lainnya. Dengan kata lain, menggunakan otak kiri anda akan bisa menjelajah dari A ke B dan seterusnya secara sistematis, Tetapi dengan Otak kanan anda bisa menjelajah kemana saja tanpa di batasi ruang.