Cara Mencegah Malware Masuk Ke komputer

Cara Mencegah Malware Masuk Ke komputer - Tahukah anda apa itu malware, pada kesempatan ini kita akan melihat apa itu malware dan bagaimana mencegah malware masuk ke komputer kita atau perangkat teknologi lainnya. MalWare adalah singkatan dari Malicious Software. Malicious software dalam kehidupan sehari-hari mungkin lebih dikenal dengan nama virus. Jadi Malware atau virus adalah sebuah program yang di buat oleh seseorang termasuk cyber crime dengan tujuan untuk memata-matai sebuah perangkat berteknologi tinggi, termasuk komputer atau smartphone.
Mencegah Malware
Tujuan dibuat malware tidak hanya untuk memata-matai tetapi juga bisa untuk mencuri data, atau digunakan untuk merusak sebuah software tertentu seperti komputer dll. Lantas, bagaimana mencegah malware ini masuk ke komputer? Mari kita lihat.

Cara Mencegah Malware Masuk Ke komputer

  1. Update selalu anti virus. Virus di internet muncul ratusan dalam seharinya, jadi anda perlu mengupdate anti virus agar anti-virus mengenal malware atau virus baru.
  2. Ubah password secara berskala. Terkadang seseorang sudah mengetahui passward anda, jadi anda perlu mengubahnya, password ini bisa jadi password anda ketika masuk ke windows, atau password email, password aku bank, password akun google adsense atau password yang lainnya. Buat password serumit mungkin dan ubah secara berskala.
  3. Aktifkan Firewall. Kalau anda menggunakan komputer, pasti ada firewall, aktifkan fire wall. Ini gunanya untuk mengenal program-program jahat yang merasuk kedalam komputer atau sistem operasi lainnya.
  4. Menggunakan antispyware. Spyware adalah termasuk virus salah satunya, dia bertugas untuk memata-matai pengguna internet, melihat apa yang biasa dijelajah oleh pengguna. Hati-hati, gunakan anti-spyware.
  5. Buat backup file. Baack up ini bisa berupa CD, DVD atau hard disk eksternal. Back up file berguna untuk mengatasi terjadinya kehilangan data.
Bagaimana? apakah komputer anda sudah cukup aman, jangan lupa amankan komputer anda sekarang juga, terutama yang selalu terkoneksi dengan internet. Semoga cara mencegah malware masuk ke komputer ini bisa bermanfaat untuk semunya.