Cara Menyatukan Kelinci Agar tidak Berkelahi

Cara Menyatukan Kelinci Agar tidak Berkelahi - Kelinci adalah hewan peliharaan yang sangat menggemaskan, tentu kita ingin memelihara kelinci, bahkan kita ingin memeliharanya lebih dari satu biar mereka bisa beranak dan banyak. Tetapi biasanya kelinci kalau sudah banyak pasti mereka berkelahi, untuk mengatasi masalah ini anda harus tahu bagaimana cara menyatukan kelinci agar tidak berkelahi.

Cara Menyatukan Kelinci
Sebelumnya kita telah membicara tentang cara mengetahui kehamilan kelinci, kini waktunya kita melihat tips dan cara untuk mengatasi perkelahian kelinci kalau mereka sudah banyak. Ayok kita lihat cara-caranya.

Cara Menyatukan Kelinci Agar tidak Berkelahi

  1. Tempatkan kelinci lama ditempat yang belum dikenalnya, artinya ditempat yang belum menjadi daerah kekuasaanya, atau disebut dengan tempat netral, misalnya kamar kosong, atau kamar tidur anda :)
  2. Hindari menempatkan kelinci didaerah yang licin, kelinci rawan kecelakaan di tempat yang seperti ini. Kalau anda menempatkannya di kamar mandi, tutup semua lobang termasuk lobang pembuangan tinja.
  3. Anda mungkin kewalahan mengatasi atau mengawasi kelinci seorang diri, mintalah anggota keluarga lain yang sudah dewasa untuk mengawasi kelinci, awasi satu orang satu.
  4. Berbicara dengan kelinci (seperti dengan bayi) istilahnya anda memberikan sugesti padanya, bicaralah dengan baik-baik, puji sifatnya atau tingkahnya, berbicara dengan baik sama kelinci agar kelinci anda paham, tetapi cukup satu orang saja yang berbicara, kalau tidak kelinci bisa bingung nantinya.
  5. Coba tempatkan kelinci dalam satu ruangan, dan awasi dari dekat, lihat dan perhatikan tingkahnya, kalau ada diantara mereka yang berkelahi atau bertengkar segera ambil dan pisahkan.
  6. Kalau anda melihat suasana seperti ini bicaralah sama kelinci dengan lantang dan keras, bilang padanya "jangan menggigit, janan berkelahi" sambil bertepuk tangan dengan keras, ini sebagai aba-aba bahwa anda tidak suka perlakuannya seperti itu, lama kelamaan kelinci anda akan mengerti keadaan.
  7. Cara memisahkan kelinci yang berkelahi adalah dengan menggunakan alat, seperti sarung tangan tebal atau alat lainnya, hati-hati memisahkannya dengan tangan anda karena ini bisa membuat anda luka, gigitan kelinci sangat tajam dann dipastikan anda akan terluka.
  8. Kalau anda melihat mereka akur-akur saja, ini berarti bisa anda biarkan selama 10-15 menit. Kalau mereka bertengkar segera hentikan kegiatan perkenalan ini.
  9. Ulangi lagi proses perkenalan ini 10-15 menit setiap harinya, sehingga mereka bisa kenal satu sama lannya.
  10. Kalau kelihatannya kelinci anda telah akur, ini berarti anda bisa menempatkan mereka ditempat yang netral berjam-jam dan perhatikan dari jauh. Jangan biarkan kelinci anda sendirian.
  11. Tempatkan kelinci ditempat main bersama-sama agar mereka bisa bermain bersama-sama dengan temannya. Perhatikan terus perkembangan kehidupannya.
Itulah beberapa cara menyatukan kelinci agar tidak berkelahi. Kalau kelinci anda sudah akur dan anda yakin bahwa mereka tidak akan berkelahi lagi, ini saatnya anda bisa meninggalkan mereka untuk bermain-main. Anda bisa pergi dan tidak mengawasinya lagi, dan sampai disini proses perkenalan antara sesama kelinci sudah selesai.