Tips Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Tips Cara Menjaga Kesehatan Telinga - Seperti kita tahu bahwa telinga adalah bagian tubuh yang urgen sekali karena telinga adalah salah satu dari panca indera yang lima. Dan semua kegiatan kita tidak pernah terlepas dari telinga, berarti kita harus menjaga kesehatan telinga dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara menjaga kesehatan telinga adalah dengan cara membersihkan telinga dengan baik dan benar. Disamping itu, apa saja yang harus kita lakukan atau perhatikan terhadap telinga. Mau tahu... ?

Menjaga Kesehatan Telinga

Jadi artikel ini adalah lanjutan artikel sebelumnya yang memabahas tentang kesehatan telinga. Mari kita liha apa saja kita lakukan agar telinga tetap normal dan tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Telinga

  1. Menjauhi tempat-tempat yang mengeluarkan suara terlalu keras, tempat seperti ini berbahaya untuk telinga anda, seperti tempat karouke atau tempat-tempat yang lain. Telalu sering mendengar suara yang bising bisa membuat anda tuli, maka hati-hati dengan ini.
  2. Tidak bagus bagi kesehatan telinga kalau selalu mendengar lagu-lagu kesukaan dengan suara besar atau kecil dengan menggunakan earphone. Ini juga bisa membuat kesehatan telinga anda berkurang dan bisa berkurang dari batas normal pendengaran. Sebaiknya anda mendengar lagu-lagu kesukaan anda tanpa menggunakan earphone, Ini lebih baik apalagi orang lain disekitar anda bisa mendengar dan menikmati lagu bersama anda
  3. Membersihkan telinga dengan menggunakan cutton bud harus hati-hati. Jangan terlalu kuat mendorong cutton bud kedalam telinga ketika membersihkannya, seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang cara benar membewrsihkan telinga. Membersihkan telinga dengan mendorong atau memasukkan cutton terllau dalam kedalam bagian telinga bukannya akan mengeluarkan kotopran tetapi justru akan mendorong kotoran masuk lebih jauh kedalam telinga. Ini tentu akan mengganggu opendengaran anda.
  4. Jangan sungkan menghubungi dokter THT (telinga hidung dan tenggorokan). Dokter THT ini akan memeriksa kesehatan telinga anda. Dan apa-apa saja yang terjadi pada telinga anda mereka akan meberikan saran tentang menjaga kesehatan telinga.
Demikianlah tips dan cara menjaga kesehatan telinga yang benar. Bisa anda bayangkan kalau kesehatan telinga ini terganggu, anda akan terganggu juga dalam hampir semua aktifitas harian. Ingat mencegah lebih baik dari mengobati, maka jagalah selalu kesehatan kita. Menjaga kesehatan juga merupakan wujud syukur dari rahmat Allah kepada kita hamba. Sekian semoga bermanfaat untuk semuanya.