Tips dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tips dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi - Dalam postingan kemaren kita telah bahas tentang berat badan, dan hari ini kita akan menjelaskan tentang artikel lanjutan yaitu mengenai cara menurunkan kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi adalah keadaan dimana lemak berlebihan dalam tubuh tubuh sehingga bercampur dengan darah. Kolesterol tinggi dalam tubuh akan membahayakan tubuh dengan incaran berbagai penyakit.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sebenarnya Kolesterol adalah lemak yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan dinding sel, tetapi kalau kolesterol sudah melebihi keadaan normal maka akan bercampur dengan darah (lemak darah). Ini harus dihindari agar tubuh tetap sehat dan menjadi wadah berbagai penyakit. Mari kita lihat dibawah ini cara menurunkan kolesterol tinggi.

Tips dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

  1. Berolah raga teratur, minimal anda jalan kaki setiap harinya, atau anda bisa juga berolah raga lainnya. Olahraga minimal 20-30 menit dalam sehari, ini bagus bagi peredaran darah dan membakar lemak serta kalori dalam tubuh
  2. Turnkan berat badan agar tetap normal dan proporsional. Kalau ana belum tahu cara menurunkan berat badan, silakan baca artikel saya di Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami.
  3. Cara lain yaitu dengan menghindari merokok dan minum alkohol, agam aja menyuruh kita untuk tidak memudharatkan diri kita, jadi hindari rokok dan alkohol, Ok.
  4. Mengurangi makan makanan yang mengandung banyak karbohidrat, dan kurangi makan makanan yang mengandung lemak jenuh.
  5. Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak fitosterol. Karena makanan yang mengandung fitosterol ini akan menghambat penyerapan kolesterol pada usus. Makanan yang mengandung fitosterol adalah: kacang tanah, kedelai, apel, pisang, anggur, melon, buncis, brokoli, kembang kol, gandum dan beras merah karena bahan makanan ini berserat tinggi.
  6. Sesekali Menkonsumsi susu skim, makan keju, krim asam dan yogurt yang rendah lemak
  7. Menjauhi makanan yang sangat berlemak dan mengandung kolesterol seperti kentang goreng, tortilla, hotdog, burger, kue kering.
  8. Membatasi makan makanan yang diolah dengan cara digoreng tetapi makan makanan yang dipanggang atau lainnya yg tidak digoreng.
Demikianlah sedikit info dan tips cara menurunkan kolesterol tinggi, semoga bermanfaat untuk anda yang lagi menderita kolesterol tinggi. Selamat mencoba