Beberapa Makanan Penambah Darah

Beberapa Makanan Penambah Darah - Darah adalah unsur penting dalam tubuh manusia, untuk itulah kita harus selalu menjaga keadaan darah tetap baik dan normal. Kalau kekurangan darah maka akan muncul berbagai jenis penyakit, seperti anemmia. Begitu juga kalau darah terlalu banyak, yaitu bisa mengakibatkan terjadinya darah tinggi yang mematikan. Untuk menjaga darah agar tetap sehat, kita harus tetap menjaga pola makan sehat dan gaya hidup sehat.

Makanan Penambah Darah
Anemia, makan Makanan Penambah Darah
Ada banyak makanan yang penting untuk dikonsumsi bagi penambahan darah dan menjaga darah tetap dalam tekanan yang normal. Kekurangan darah juga bisa mengakibatkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang membahayakan. Diantara penyakit yang disebabkan oleh kekurangan darah adalah anemia, sakit kepala hingga penyakit kanker. Kanker muncul bago orang yang kekurangan darah, karena sel darah putih dalam kondisi sedikit darah merah akan terus bekerja, sehingga terjadi kanker atau sel-sel yang tumbuh secara tidak normal dan tidak sehat.

Jadi, pentinglah kita menjaga agar darah dalam kondisi normal dan selalu sehat. Untuk ini kita harus mengkonsumsi beberapa makanan penambah darah.

Beberapa Makanan Penambah Darah

1. Daging
Untuk menambah darah kita bisa mengkonsumsi daging, daging penting dan bagus untuk darah, karena mengandung zat besi, protein, kandungan zat besi dalam daging adalah 2.8 mg dalam setiap 100 gram daging. Jadi jadikan daging sebagai makanan penting walau tidak anda makan setiap harinya.

2. Mengkonsumsi Ikan
Ikan juga bagus untuk kebutuhan menambah darah. Contoh ikan yang baik dikonsumsi untuk menambah darah adalah ikan sarden, ikan tuna, ikan salmon. Dalam 100 gram ikan sarden mengandung hingga 2.5 gram zat besi.

3. Sayuran
Makanan lain untuk menambah darah adalah sayur-sayuran. Sayur-sayuran bagus dimakan untuk usaha menambah darah. Anda bisa memakan bunga kol dan brokoli, saosin atau sawi, sayur bayam, kangkung, daun katuk, kacang-kacangan, kentang dan lobak, ubi.

4. Petai dan jengkol
Jengkol dan petai adalah dua makanan yang mungkin sangat anda benci. Ternyata anda harus menghindari paradikma ini, pasalnya makanan ini mengnadung segudang manfaat untuk kesehatan. Petai dan jengkol bisa menjadi makanan penambah darah. Menjadi makanan penambah energi dan stamina. Itulahnya, banyak atlet yang memakan buah petai selama olahraga.

5. Kuning telur
Kuning telur bisa menjadi pilihan bagi anda yang kurang suka dengan makanan seperti di atas. Cara mengkonsumsi kuing telur mudah saja, yaitu dengan merebusnya dan memakannya.

6. Daun singkong,
BUkan rahasia lagi kalau daun singkong sangat banyak manfaatnya utuk kesehatan, selain menyediakan banyak serat yang sehat untuk pencernaan, daun singkong juga menyediakan sejumlah gizi lainnya yaitu Karbohidrat, Phosphor, Kalsium, Vitamin C, Protein, Zat Besi, Lemak, Vitamin B1. Itulah alasan kenapa daun singkong dikatakan dengan sayuran yang lengkap gizinya.

7. Jagung
Saya yakin anda pasti suka dengan jagung, jagung baik yang dibakar atau jagung rebus sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Ternyata jagung tidak hanya mengandung karbohidrat saja, tetapi juga mengandung sejumlah zat bresi, vitamin A dan vitamin C.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengkonsumsi makanan penambah darah ini. Semoga saja, demikianlah beberapa makanan yang terbukti menjadi makanan penambah darah yang sehat dikonsumsi siapa saja.