Cara Cepat Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara Cepat Mengobati Sariawan - Sariawan dalam istilah lain disebut dengan stomatitis aftosa adalah penyakit yang menimbulkan bercak-bercak merah pada mulut, khsusunya pada lapisan lendir bagian dalam mulut. Penyakit sariawan memang bukan penyakti yang menakutkan, tetapi keberadaanya seringkali menyuliskan berbagai aktivitas kita, terutama yang berhubungan dengan mengunyah, seperti mengunyah makanan pedas, dan lain-lain.

Cara Cepat Mengobati Sariawan
Untuk itu, kita perlu menegtahui cara cepat mengobati sariawan dengan cara alami. Berlama-lama dengan penyakit ini memang sangat memprihatikankan dan mengganggu keshidupan sehari. Maka, dalam artikel ini kami berniat sharing dan berbagai informasi untuk teman semuanya tentang cara mengobati penyakit sariawan. Namun, sebelum kita tahu lebih lanjut tentang cara mengobati, mari terlebih dahulu kita tahu apa saja penyebab dari sariawan.

Cara mengobati Sariawan Secara Alami

1. Penyakit ini bisa terjadi kalau anda menderita kekurangan vitamin, gizi, seperti Vitamin B 12, Vitamin C, juga kekurangan zat besi.

2. Penyebab lain sariawan adalah bibir yang tergigit secara tidak sengaja ketika anda makan, atau bisa juga terjadi ketika anda berbicara.

3. Faktor lain yaitu karena anda sering mengknsumsi makanan seperti makanan pedas, sayuran yang pedas, gorengan, sambal, dll.

4. Penyakit stomatitis aftosa bisa juga di akibatkan karena ketidak cocokan obat-obatan yang anda konsumsi dengan mulut anda, seperti odol yang kurang cocok atau obat lainnya.

5. Hal rentan juga di akibatkan karena anda kurang memperhatikan kesehatan gigi anda dan kesehatan mulut, misalnya anda kurang rajin menggosok gigi, kurang minum dan tidak mengosok gigi ketika hendak tidur.

6. Keadaan lingkungan yang tidak cocok dengan kita.

Nah, ketika kita sudah tahu apa saja faktor yang menyebabkan sariawan, kini saatnya kita lihat bagaimana langkha-langkah yang bisa kita tempuh untuk mengobati penyakit sariawan ini. Bagi anda yang tengah mengalami sariawan, simak terus artikel ini sampai tuntas.

Cara mengobati Sariawan dengan Cepat

1. Mengkonsumsi obat Parasetamol atau Mefenamat.
Kalau adan sedang menderita dengan sariawan, maka anda bisa meminum obat, bisa yang untuk kumur-kumur atau obat minum. Kalau anda memilih obat minum, anda bisa mengonsumsi obat seperti parasetamol atau asam mefenamat, namun anda perlu ingat, selalu perhatikan dosisnya dan aturan pakainnya.

2. Air kelapa
Cara lain mengobati sariawan adalah dengan menggunakan air kelapa. Air kelapa dikenal sebagai minuman pendingin, yang sangat cocok untuk menstabilkan tenggorokan, sehingga menurun rasa sakit akibat sariawan.

3. Pisang dan madu
Pisang adalah makanan sehat penambah energi, kalau dikombinasikan dengan madu, pisang bisa menjadi bahan alami yang menjaga luka dari infeksi. Caranya yaitu dengan membuat pisang menjadi pasta, anda bisa menumbuk pisang hingga halus atau memblendernya, setelah pisang halus, campurkan dengan madu, dan oleskan pada luka sariawan anda untuk mencegah terjadinya peradangan.

4. Daun jambu biji
Salah satu manfaat daun jambu biji adalah mengobati sakit perut, tetapi bagi anda yang menderita sariawan juga bisa mengkonsumsinya, kunyahlah beberapa daun jambu biji, selanjutnya berkumur-kumur.

5. Yogurt
Minuman sehat yogurt tidak hanya bagus untuk usus saja, tetapi juga bagus dikonsumsi oleh penderita sariawan. Yogurt bisa menjaga dan menstabilkan bakteri sehat dalam mulut, dan tenggorokan serta usus. Jadi mengkonsumsi yogurt bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit sariawan.

6. Bawang putih dan buah pepaya
Kedua bahan alami ini sangat ampuh dalam menyembuhkan sariawan. Bawang putih yang terkenal dengan anti inflmasi sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan, pepaya juga bisa anda tempelkan pada luka sariawan.

7. Kunyit
Kunyit adalah rempah-rempah yang sering menjadi bahan memasak didapur. Tetapi selain sebagai bumbu dapur,kunyit juga sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dibagian lambung dan saluran pencernaan.

Selain itu, kunyit juga berguna untuk menyembuhkan sariawan. Caranya yaitu dengan menjadikan kunyit sebagai pasta. Haluskankunyit bersama dengan garam gliserin dan tempelkan pada lukan akibat sariawan.

8. Mengkonsumsi vitamin C
Vitamin C bisa didapat di apotik atau dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti apel, jeruk, tomat dan lain-lain. Terjadinya juga karena kurangnya vitamin C, maka perlu kiranya kita memperbanyak vitamin C dalam makanan sehari-hari.

Inilah beberapa cara alami mengobati sariawan. Kalau anda salah satu penderita, segeralah mengobatinya dan perhatikan pola makan anda dan selalu jaga kesehatan mulu dan gigi anda.