Manfaat Menghindari Nasi Putih Berlebihan

Manfaat Menghindari Nasi putih berlebihan - Nasi putih memang tidak dapat dipungkiri sebagai sumber karbohidrat dan menjadi sumber tenaga bagi manusia. Kebanyakan orang didunia juga menjadikan nasi putih sebagai makanan pokok. Namun demikian nasi putih juga bisa menjadi punca masalah bagi kesehatan manusia secara umum.

Manfaat Menghindari Nasi Putih
Maka, dalam artikel ini kami menyajikan info terkait manfaat menghindari mengkonsumsi nasi putih berleibihan. Nasi mengandung banyak karbohidrat yang menjadi energi bagi manusia, namun perlu diketahui bahwa karbohidrat dalam nasi putih bisa menstimulasi gemuk dan lemak bagi tubuh sehingga menambah berat badan secara berlebihan.

Berat badan secara berlebihan adalah punca hampir segala penyakit, seperti stroke, jantung, diabetes dll. Maka pentinglah bagi kita untuk menghindari makan banyak nasi putih. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya dari meninggalkan mengkonsumsi nasi putih berlebihan, yaitu:

Manfaat menghindari Nasi Putih

1. Mengstabilkan berat badan
Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan atau menstabilkan berat badan anda secara alami, anda bisa menjauhi nasi putih selama satu bulan saja, pasti berat badan anda menurun. Kenapa, karena karbohidrat dalam nasi putih bisa menjadi lemak tubuh yang menyebabkan kegemukan dan berat badan tidak terkontrol.

2. Terhindari dari diabetes
Diabetes adalah penyakit gula yang terjadi karena kelebihan gula dalam darah dan tidak bisa di ubah menjadi energi oleh tubuh. Maka dengan menghindari nasi putih, diabates juga akan terhindar. Ada baiknya anda menggantikan nasi putih dengan nasi merah atau beras merah, karena beras merah tidak banyak mengandung karbohidrat lemak.

3. Terhindar dari konstipasi
KOnstipasi juga bisa terjadi karena mengkonsumsi nasi putih berlebihan, ini disebabkan karena kandungan serat dalam nasi putih sangat sedikit sehingga resiko anda menderita semebelit atau kosntipasi lebih besar. Beda dengan beras merah yang mengandung banyak serat alami yang bagus untuk pencernaan, begitu juga dengan ubi atau kentang.

4. Menyeimbangkan kadar gula darah
Menjauhi banyak nasi putih bisa mengstabilkan gula darah. Perlu diketahui bahwa nasi putih mengandung indek glikemik tertinggi sehingga kadar gula darah akan naik drastis se usai mengkonsumsi nasi putih.

5. Banyak kandungan pati
Menureut para ahli bahwa nasi putih mengnadung banyak sekali pati didalamnya. Pati nasi putih ini akan mengakibatkan resiko diabetes. Maka disarankan untuk membatasi mengkonsumi nasi putih.

Itulah manfaat menjauh dari nasi putih. Bagi anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, ada baiknya anda menjauh sementara waktu dari makan nasi putih, gantilah dengan ubi atau dengan nasi merah yang lebih sehat.