Apa Manfaat Cuka untuk Rambut dan Kulit ?

Manfaat Cuka untuk Rambut dan Kulit - Cuka atau sari cuka apel adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk kecantikan rambut dan kulit. BIasanya cuka digunakan untuk melengketkan cat kuku dan untuk mencegah munculnya jerawat. Lebih jauh lagi tentang manfaat sari cuka apel adalah sebagai berikut.

Manfaat Cuka untuk Rambut dan Kulit

1. Menenangkan kulit
Untuk menenangkan kulit anda bisa menggunakan cuka apel, masukkan sebanyak 8 ons cuka apel kedalam bak mandi yang berisi hangat, kemudian berendamlah didalamnya selama 15 menit. Ini sangat berguna untuk menenangkan kulit karena tingkat PH cuka sari apel sama dengan tingkat ph asam pelinding kulit.

2. Bahan untuk membilas rambut
Cuka apel juga bermanfaat untuk kecantikan rambut. caranya yaitu dengan menambahkan 2 sendok makan dalam secangkir air, kemudian bilas rambut anda setelah kermas dan ikuti dengan kondisioner ringan. Bilas sampai bersih, ini akan membuat rambut anda berkilau karena kandungan asam asetat dalam cuka akan menghilangkan residu dari sisa produk rambut.

3. Sebagai toner wajah
Manfaat cuka apel selanjutnya yaitu untuk membersihkan dan mengecilkan pori-pori wajah. Caranya yaitu dengan memasukkan 1 sendok cuka apel dalam dua cangkir air. Kemudian usapkan kebola-bola kapas dan olesi pada wajah dan biarkan hingga kering untuk mengencangkan wajah. Kandungan Asam alpha-hydroxy dan asam asetat dalam cuka ape akan meransang kelancaran sirkulasi dan mengecilkan pori-pori wajah.

4. Menyembuhkan luka bakar matahari
Untuk menyembuhkan kulit yang terbakar matahari, campurkan 4 gelas air dengan 1/2 cangkir cuka sari apel. Masukkan waslap pada campuran air tersebut dan oleskan pada kulit yang terbakar matahari. Cuka apel membantu untuk mempercepat penyembuhan kulit terbakar matahari, karena ph cuka apel bisa menurunkan kadar ph kulit.

5. Mengobati ketombe
Cuka apel juga bisa mengobati ketombe pada kulit kepala. Campurkan cuka dengan air dengan jumlah yang sama dan oleskan pada kulit kepala sebelum keramas. Cuka mempnyai sifat anti jamur yang bisa menghilangkan jamur kepala seperti ketombe. Selain itu juga bisa menyeimbangkan tingkat PH kulit kepala dan mengembalikan perlindungan lapisan mantel kulit kepala.

6. Menyembuhkan luka memar
Manfaat cuka apel lainnya yaitu menyembuhkan luka memar. Caranya yaitu dengan mengolesi cuka pada bola-bola kapas dan kemudian balut dengan perban selama 1 jam pada tempat memar. Cuka akan menenangkan kulit yang memar dan mempercepat proses penyembuhan, asam asetat dalam cuka akan melancarkan sirkulasi.

7. Menghilangkan bau kaki
Kaki yang kotor atau berjamur biasanya akan sangat bau dan jorok. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa menggunakan cuka apel sebanyak satu cangkir dan campurkan dengan 4 gelas air bersih dalam baskom. Rendam kaki anda selama 15 menit didalamnya. Kemudian keringkan, sifat anti septik cuka akan menghilangkan bau kaki dan anti jamurnya akan memerangi jamur yang menyebabkan bau kaki.

Inilah beberapa manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit dan rambut anda. Kalau anda mengalami salah satu masalah seperti di atas segera gunakan cuka apel.