Cara Jitu Menjaga Kesehatan Gusi

Cara Jitu Menjaga Kesehatan Gusi - Kesehatan gusi sama pentingnya dengan kesehatan gigi, untuk mendapatakan kesehatan gusi yang baik maka jagalah kesehatan gigi. Penyakit gusi bengkan atau yang disebut dengan gingivitis adalah penyakit yang bisa parah kalau dibiarkan terus menerus tanpa di obati. Kalau gusi anda bengkak segera cari tahu cara mengobati gusi bengkak agar tidak bermasalah lebih serius.

Menjaga Kesehatan Gusi
Untuk itu, maka anda perlu menjaga kesehatan gigi setiap harinya dengan menggosok gigi yang benar. Disamping itu, pemeriksaan tahunan juga penting untuk menghindari terjadi penumpukan plak-plak atau karang gigi, cara membersihkan karang gigi ini bisa anda lakukan sendiri atau dengan bantuan dokter gigi.

Cara Jitu Menjaga Kesehatan Gusi

Berikut adalah beberapa Cara dan tips jitu untuk menjaga kesehatan gusi anda.
  1. Tidak Merokok dan Pola Makan sehat. Kalau ingin gusi anda sehat anda harus menjauhi rokok, merokok bisa menyebabkan penyakit gigi, dan tembakau dalam rokok bisa menyebabkan penyakit gusi, disamping ini anda harus tetap mempertahankan pola makan sehat, konsumsi banyak vitamin C dan vitamin E. Vitamin C dan E mampu meningkatkan kekebalan tubuh anda.
  2. Jangan Menggeretakkan gigi waktu tidur. Kalau anda bermasalah dengan gigi, atau sering menggeretakkan gigi waktu tidur segera hubungi dokter gigi agar anda mendapat solusi. Menggeretakkan gigi bisa menyebabkan infeksi gusi.
  3. Gosok gigi minimal 2 kali sehari. Jangan lupa selalu membersihkan gigi anda, gosok gigi dengan benar, gosok dengan lembut setiap gigi anda baik secara vertikal atau horizontal, kemudian sapukan bagian langit mulut dan bagian atas lidah anda.
  4. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan diantara sela gigi anda. Pegang benang diantara bagian depan dan belakang gigi sehingga membentuk huruf C.
  5. Bilas mulut dengan antiseptik. Selanjutnya setelah proses pembersihan gigi selesai bilaslah mulut anda dengan anti septik selama 30 detik untuk menghilangkan bakteri dan pluk gigi.
Nah, Itulah beberapa cara jitu menjaga kesehatan gusi agar selalu sehat dan kuat.