Cara Mencegah Timbunan Plak pada Gigi

Cara Mencegah Timbunan Plak pada Gigi - Gigi yang jarang di sikat lama kelamaan akan menjadi tempat timbunan plak, gigi yang telah menjadi sarang bakteri ini biasanya akan menjadi faktor bagi segalam jenis penyakit gigi. Menjaga kesehatan gigi dengan menggosoknya tiap hari adalah solusi yang patut diperimbangkan. Plak gigi ini disebut juga dengan karang gigi, sebelum gigi anda berkarang alangkah baiknya anda serius menjaga kesehatan gigi dan gusi.

mencegah plak gigi

Kalau gigi anda telanjur berkarang atau berplak, maka saya sarankan anda untuk membaca artikel saya yang lalu tentang cara membersihkan karang gigi. Sementara dalam postingan ini saya khususkan tentang cara mencegah timbunan plak gigi, tentu ini khusus bagi anda belum telanjur giginya tertimbun plak. Gigi yang sehat adalah bebas dari plak dan senyumannya manis dan menwan tentunya. Mari kita lihat tips dan cara-caranya.

Cara Mencegah Timbunan Plak pada Gigi

  1. Menggosok gigi secara regular. Tidak dapat dipungkiri memang, menggosok gigi teratur minimal 2 kali sehari adalah solusi efektif dalam mencegah timbunan plak pada gigi. Gunakan odol yang mengandung fluoride. Gigi yang tidak dibersihkan akan berplak dan nantinya akan berubah menjadi karang gigi, ketika kondisi ini terjadi pada anda akibatnya adalah gigi akan berlobang.
  2. Bersihkan sela-sela gigi. Ini anda lakukan setelah habis makan, pastikan gigi anda bersih dari sisa makanan, setelah makan dianjurkan agar anda makan makanan pencuci mulut yang bisa membilas sisa makanan, seperti semangka, pir.
  3. Membersihkan mulut keseluruhan. Ketika anda menggosok gigi, bukan hanya gigi yang menjadi perhatian anda, tetapi anda harus membersihkan samping-saping pipi, dan bagian atas mulut, demikian juga bersihkan plak-plak yang ada pada lidah anda, gunakan sikat lidah atau gunakan sikat gigi untuk membersihkan plak diatas lidah.
  4. Jaga diet sehat. Makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Jangan lupa minum air yang banyak, hindari makanan ringan seperti kue dan permen, makanan ini bisa memicu terjadinya penimbunan plak pada gigi anda dengan melemahkan lapisan enamel. Plak bukan hanya menyebakan sakit gigi tetapi bisa menyebabkan radang gusi atau gusi bengkak.
  5. Periksa gigi secara berskala. Ini selalu saya sarankan agar gigi dan gusi anda tetap sehat selalu, luang waktu untuk mengunjungi dokter gigi dua kali dalam setahun, sehingga apapun masalah gigi bisa cepat teratasi.
Demikianlah sedikit pencerahan tentang cara mencegah timbunan plak gigi. Semoga artikel ini menjadi inspirasi buat anda agar tetap menjaga kesehatan gigi dengan sebaik mungkin. Kadang kita sering melihat orang yan baru berusia 40-an mengalami penyakit gigi dan mulut, atau bahkan ada yang giginya telah ompong. Jadi bagi anda yang belum seperti itu, mulailah rajin menjaga kesehatan dari sekarang.