Mengenal Kucing Batu | Kucing Liar Indonesia

Mengenal Kucing Batu | Kucing Liar Indonesia - Kucing batu adalah satu kucing liar yang hidup di Indonesia. Kucing batu dalam bahasa latin disebut dengan nama Pardofelis marmorata, atau dalam bahasa inggeris disebut dengan nama Marbled Cat. Hidup di Indonesia dan dilindungi. Kucing batu ini memiliki bobot badan sekitar 2-5 kg, sementara panjangnya sekitar 45-62 cm.

Kucing yang sedang kita bicarakan ini adalah kucing yang memiliki kemampuan handal dalam memanjat pohon, dapat dikatakan hampir seluruh hidupnya dihabiskan di atas pohon, karena alasan ini kucing batu disebutkan dengan hewan arboreal. Namun demikian, kucing batu ini juga sesekali turun ketanah untuk berburu makanan, makanannya adalah tikus, reptil, tupai dan lain-lain.

Mengenal Kucing Batu | Kucing Liar Indonesia
Lebih lanjut, kucing jenis ini hidup didaerah dengan ketinggian dibawah 3000 M diatas permukaan laut. Kucing ini hidup di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di Asia tenggara kucing batu ini hidup di daerah Indonesia, Kamboja, Bhutan, Brunei Darussalam, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, Vietnam, Nepal, dan India. Lantas dimana kucing ini bisa didapatkan di Indonesia? di indonesia kucing batu bisa ditemukan di Sumatra dan kalimantan.

Kucing batu ini tidak sama dengan kucing anggora, diseluruh dunia diperkirakan hanya sebanyak 10.000 ekor, maka CITIES sebagai satwa golongan Apendiks I (tidak boleh diperdagangkan) dan lama-kelamaan kucing batu ini akan terus menurun jumlah populasinya, karena akibat dari kebakarna hutan, alih fungsi hutan menjadi hutan pemukiman dan hutan pertanian.