Tips Memelihara Ikan Hias agar Tetap Sehat dan Indah

Tips Memelihara Ikan Hias - Ikan hias termasuk ikan sangat membutuhkan perhatian dalam pemeliharaannya. Memelihara ikan hias gampang-gampang susah. Secara umum memiliki cara yang berbeda antara satu ikan hias dengan yang lainnya dalam memeliharanya. Juga terjadi perbedaan dalam pemeliharaan karena beberapa faktor seperti ikan kecil dan besar, ikan hias jenis ikan hias cupang atau ikan hias lainnya. Ikan hias yang lahir melalui persilangan biasanya memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah dibandingkan dengan ikan yang tidak di silang.

Tips Memelihara Ikan Hias
Anda yang ingi terjun dalam bisnis ikan hias harus tahu persis tentang cara dan tips memelihara ikan hias ini, agar usaha anda bisa berjalan dengan lancar. Berikut kami akan sharing tips-tips dalam menjaga dan memelihara ikan hias agar tetap indah dan sehat.

1. Sesuaikan ukuran akuarium denggan jumlah serta ukuran ikan hias yang anda pelihara. Begitu juga dengan penggabungan ikan hias, ikan yang kecil-kecil digabungkan dengan ikan yang kecil seperti ikan neon tetra, kongo, dan rambo. Penggabungan ikan kecil dengan ikan ukuuran besar bisa berakibat fatal.

2. Hati-hati dengan ikan yang sakit, ikan sakit segera pisahkan dari akuariumnya, biasanya penyakit yang biasanya terjadi pada ikan adalah jamur, white spot, dan cacing. Berikan segera pertolongan pada ikan sakit, sebagai alternatif anda bisa memberikan arak merah paada luka ikan. Dan yang penting diperhatikan lagi adalah ikan yang pernah sakit jangan lagi digabungkan dengan ikan yang tidak sakit, sebaiknya digabungkan dengan ikan-ikan yang pernah sakit.

3. Bibit ikan hias yang paling baik adalah yang dibiakkan di negara aslinya. Di Indonesia sekarang ada banyak ikan hias, ada yang di impor dan ada juga ikan hias yang memang dibiakkan dari bibit aslinya.

4. Pemberian makanan ikan hias harus teratur, kemudian pemberian makanan dalam jumlah kecil namun sering adalah lebih baik dari memberi makanan ikan hias dalam jumlah banyak, karena pemberian makanan ikan hias dalam jumlah banyak sekaligus bisa menyebabkan akuarium cepat kotor dengan makanan sisa. Tambhakan sedikit zat klorin untuk menetralkan kandungan kaporitnya,

5. Tips memelihara ikan hias yang paling penting adalah air kolam atau akuarium. Masukkan ikan kedalam kolam setelah 3 hari anda masukkan air dalam kolam atau akuarium. Perhatikan keadaan air, air dari PAM bisa digunakan untuk pemeliharaan ikan hias. Untuk menjaga ikan hias bebas dari kuman masukkan setetes metlin blue dalam setiap 25 liter air.

7. Perhatikan keadaan air kolam. Biasanya dalam 3 hari air kolam atau air akuarium sudah bisa diganti sebanyak 10 persennya.

Itulah beberapa tips dan cara memelihara ikan hias dalam kolam dihalaman rumah anda atau dalam akuarium kesukaan anda. Ikan hias bisa sangat laku dipasaran dan kalau anda pandai dalam mengelola ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan juga. Selamat mencoba