Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Olahraga

Mencegah Penyakit Jantung dengan Olahraga - Kalau anda ingin sehat maka olahraga adalah rutinitas anda. Lebih kurang demikian ungkapan tentang kesehatan yang didengungkan oleh pakar kesehatan. Olahraga tidak hanya membuat badan bugar dan sehat selalu tetapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung. Dengan olahraga yang rutin setiap hari maka kinerja darah dalam tubuh juga akan baik dan lancar sehingga akan berefek pada kesehatan jantung yang baik, jantung sehat karena darah yang mengalir dalam tubuh tidak terkendala dan tersendat sehingga jantung bisa bekerja dengan baik dalam memompa darah.

Mencegah Penyakit Jantung
Ada banyak Olahraga yang bisa dilakukan untuk kebugaran dan kesehatan, tetapi tidak semuanya bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung. Olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah olahraga yang tidak tergolong dalam olahraga berat, atau olahraga ini dikatakan dengan olahraga yang memiliki ritme teratur. Contoh olahraga yang mencegah kesehatan jantung adalah bersepeda, berenang, jalan kaki dan berlari.

Jadi, anda bisa berolahraga ringan saja untuk mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung akhir-akhir ini menajadi penyakit yang menakutkan dan sering kali menyebabkan kematian, jadi jagalah kesehatan dengan sebaik-baiknya, terutama dengan menjadi olahraga bagian dalam kehidpan sehari-hari.

Disamping olahraga, mencegah penyakit jantung bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan baik untuk kesehatan. Jangan mengkonsumi makanan yang tinggi lemak dan kolesterol. Kandungan kolesterol jahat dalam tubuh bisa menghambat aliran darah karena pembuluh darah berkapur atau tersumbat akibat dari timbunan lemak dalam darah.

Sebelum kita lihat cara mencegah penyakit jantung dengan olahraga, kita perlu tahu bahwa penyakit jantung bisa diakibatkan oleh dua faktor yaitu: Faktor keturunan, dan faktor gaya hidup.

1. Faktor Keturunan
Ini adalah faktor genetika, anda tidak dapat mengingkari hal ini, kalau keturunan anda pernah terkena penyakti jantung maka kemungkinan besar nantinya anda juga akan diserang oleh penyakit jantung, Tetapi ini bukan berarti anda tidak bisa terlepas dari penyakit ini. Kalau anda rajin menjaga kesehatan, insya Allah anda juga akan terlepas dari penyakit jantung.

2. Faktor Gaya Hidup
Yang dimaksudkan disini aladah adalah pola makan atau gaya hidup. Hal ini juga bisa menyebabkan anda terkena penyakit jantung. Penyakit akibat karena gaya hidup ini adalah seperti pola makan yang sehat dan menjaga asupan setiap makanan kedalam tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bagus dan baik untuk kesehatan jantung, bisa menjaga kesehatan dengan baik.

1. Berjalan kaki
Olahraga ini termasuk yang sangat murah dan bagus untuk anda yang ingin menyehatkan jantung, bahkan dengan jalan kaki ada banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan. Biasakan-lah jalan kaki, misalnya dari rumah ke mesjid, dari rumah ke tempat tetangga dll.

2. Olahraga Lari
Ini adalah bentuk lain dari olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Larilah setiap harinya dengan kecepatan tetap selama 15 menit, ini akan membuat badan anda segar, bugar, dan membakar banyak lemak dalam tubuha anda, sekaligus membuat jantung menjadi lebih kuat dan sehat.

3. Bersepeda
Olahraga bersepeda juga dikenal dengan kegiatan yang sangat positif dalam membangun kesehatan tubuh. Zaman sekarang olahraga sepeda ini lebih populer dengan sepeda santai, anda yang ingin mencoba olahraga ini bisa memulianya dari sekarang, untuk anda yang baru hendaknya memperhatikan porsi olahraga atau bersepedalah dengan ringan dan pelan-pelan untuk tahap awal, anda bisa terus meingkatkan olahraga ini setiap harinya.

4. Renang
Renang selain hobbi juga menjadi olahraga ringan dalam kehidupan sehari-hari. Swimming atau renang ini walau kelihatan pelan dan santai tetapi olahraga ini termasuk olahraga yang sangat banyak melakukan gerakan tubuh. Renang diketahui dapat dijadikan sebagai olahraga penting dan rutinitas dalam menghindari penyakit jantung. Berenangkan dengan rutin setiap harinya agar anda bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan jantung.

Inilah beberapa macam cara mencegah penyakit jantung secara alami dengan olahraga. Yang penting adalah bukan seberapa berat anda olahraga tetapi seberapa rutin dan teratur anda dalam berolah raga sehingga mendapatkan kesehatan yang baik dan luar biasa.