Makanan-Makanan untuk Mencegah Kolesterol Jahat

Makanan-Makanan untuk Mencegah Kolesterol - Kolesterol jahat bisa memberikan efek tidak baik bagi kesehatan, bahkan menurut penelitian terbaru seperti yang dikutip icaraku.com dari inilah.com, kolesterol jahat bisa menyebabkan terjadi kanker payudara. Untuk mengatasi banyaknya kolesterol jahat dalam tubuh ada sejumlah makanan yang bisa dimakan dan mampu menurunkan kolesterol jahat, berikut ulasannya.

Makanan untuk Mencegah Kolesterol Jahat

Makanan-Makanan untuk Mencegah Kolesterol

1. Mengkonsumsi setengah cangkir biji-bijian dalam diet harian anda baik anda tambahkan dalam sayur atau dalam sup bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh hingga 8%.

2. Mengkonsumsi ikan salmon. Mengkonsumsi ikan salmon tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga ikan yang satu ini bisa memberikan efek berarti untuk kesehatan lainnya yaitu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga kadar kolesterol dalam darah. Jadi, mengkonsumsi ikan-ikan yang mengandung asam lemak omega-3 bisa meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh hingga 4 %. Jenis ikan yang mengandung omega 3 adalah ikan salmon, sarden, herring.

3. Mengkonsumsi Almond. Almond diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, dengan mengkonsumsi 1/4 cangkir almond sehari dikatakan bisa menurunkan LDL hingga 4.4 %.

4. Oats adalah jenis buah lain yang baik dikonsumsi untuk kesehatan. Mengkonsumsi oats selama 6 minggu sebagai sarapan pagi dengan jumlah dua cangkir setiap harinya bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 5.3 %.

5. Mengkonsumsi teh. Teh mengandung banyak anti oksidan dan kafein, tetapi anti oksidannya lebih banyak sehingga mengkonsumsi teh baik untuk kesehatan sebagai benteng dan pertahanan terhadap kolesterl jahat atau LDL.

Demikianlan beberapa menu makanan yang bisa anda konsumsi setiap harinya sebagai bentuk usaha anda dalam mencegah dan menurunkan kadar koletsrol jahat dalam tubuh dan darah. Ingat! tingkat kolesterol yang tinggi dalam darah bisa memicu berbagai jenis penyakit yang menakutkan seperti penyakit stroke, dan jantung.

Baca juga: Mencegah penyakit jantung dengan olaharaga.