Makanan-Makanan Penurun Kolesterol Jahat

Makanan-Makanan Penurun Kolesterol Jahat - Kolesterol memang sudah terlanjur dicap sebagai makhluk jahat penyebab terjadinya penyakit jantung. Sebenarnya kolesterol itu sendiri menjadi penting bagi tubuh selama masih dalam jumlah yang wajar. Hati manusia setiap harinya memproduksi kolesterol sebanyak 1000 miligram, yang berguna untuk menguatkan dinding sel, dan membantu empedu dalam mencerna lemak dan membantu proses pembuatan vitamin D.

Makanan Penurun Kolesterol Jahat
Kolesterol baik yang disebut dengan HDL adalah zat penting yang harus dimiliki tubuh, karena HDL membawa kembali kolesterol dalam darah kembali ke hati. Sementara yang menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan seperti penyakit jantung adalah LDL atau kolesterol jahat. Jadi kolesterol jahat inilah yang harus di hilangkan dalam tubuh agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ada 4 macam makanan penurun kolesterol jahat yang perlu kita ketahui.

Makanan Penurun Kolesterol Jahat

1. Oatmeal
Oatmeal adalah makanan yang kaya serat larut, mengkonsumsi makanan oatmeal mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh yang sering menjadi biangkeladi penyebab buruknya kesehatan anda. Mengkonsumsi 5-10 gram oatmeal bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain oatmeal, sayuran-sayuran sehat juga mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Asam lemak omega 3
Lemak selalu menjadi musuh bagi tubuh, untuk itulah lemak harus dihindari. Tetapi lain halnya dengan asam lemak omega 3, lemak omega 3 ini mampu mendukung dan mempromosikan kesehatan jantung, omega 3 bisa mencegah terjadinya pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah.

Asam lemak omega 3 ini banyak terdapat dalam ikan salmon, sarden, dan ikan laut dalam lainnya, atau anda bisa juga mengkonsumsi minyak ikan sebagai ganti dari mengkonsumsi ikan ber omega 3

3. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan seperti kacang kenari, kacang almond, kacang tanah bisa mencegah kolesterol jahat dalam tubuh. Dalam kacang-kacangan ini terdapat asam lemak tak jenuh ganda sehingga baik untuk menjaga atau kolesterol dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

4. Minyak zaitun
Mengkonsumsi minyak zaitun sebanyak 2 sendok sehari bisa menjadi solusi lain dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga kesehatan pemebeluh darah. Minyak zaitun mengandung banyak anti oksidan yang berfungsi untuk mengurangi LDL atau kolesterol jahat.

Bagimana? apakah anda salah satu penderita kelebihan kolesterol, kalau "iya" anda masih ada kesempatan untuk menjalankan diet sehat terutama mengkonsumsi makanan-makanan penurun kolesterol jahat seperti diatas, sebagai upaya anda dalam menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.