Tips-Tips Merawat Kesehatan Gigi Bayi Anda

Tips-Tips Merawat Kesehatan Gigi Bayi - Sebagaimana kita ketahui bahwa kesehatan gigi mesti dipelihara dan dirawat sejak dini dan bayi, karena kalau ketika bayi tidak dirawat dikhawatirkan gigi akan tumbuh dengan tidak normal dan kondisi ini tidak akan bisa diperbaiki lagi ketika dewasa. Maka rawatlah kesehatan gigi bayi anda dengan tepat sejak dini untuk memastikan bahwa gigi mereka tumbuh sehat dan rapi.


Lantas, bagaimana cara merawat kesehatan gigi bayi dengan tepat. Berikut kami lampirkan cara merawat kesehatan gigi bayi sebagaimana yang dilansir dari mom.me.

1. Menjaga gigi bayi dengan fluoride
Fluoride ini berasal dari minuman yang diminum bayi, fluoride bisa memperbaiki kerusakan gigi sejak dini, untuk itu tanyakan pada dokter gigi atau dokter anak tentang air yang mengandung fluoride.

2. Bersihkan gigi bayi dan periksa kedokter
Ketika bayi anda mulai tumbuh dan giginya mulai nampak pertumbuhannya maka perhatikan giginya, kalau nampak ada kotoran pada gusinya atau bintik-bintik segera bersihkan. Sebaiknya membersihkan gigi bayi sehari sekali dan waktu yang paling baik untuk membersihkan adalah ketika bayi akan tidur. Bersihkan dengan kain lembut atau sikat gigi khusus bayi. Ketika bayi berumur 2 tahun anda sudah bisa mulai menyikat gigi mereka dengan odol khusus bayi yang megandung fluoride.

3. Tips perawatan gigi bayi lainnya yaitu dengan memberikan makanan yang sehat kepada bayi, yaitu makanan yang tidak mengandung gula, hindari memberikan permen atau cookies. Berikan makanan sehat seperti buah-buahan atau sayuran.

4. Hati-hati dengan botol susu bayi
Ini maksudnya jangan membiarkan bayi anda menghisap botol susu yang berisi susu ketika tidur. Kalau memang bayi tidak bisa tidur tanpa menghisap botol, maka isikan botolnya dengan air putih saja. Membiarkan bayi menghisap botol susu ketika tidur akan membuat gigi bayi rusak.

Kandungan gula dalam susu, jus, dan soda bisa menjadi tersangka bagi kerusakan gigi sejak dini. Hati-hatilah

5. Periksa gigi anak kedokter
Ketika anak sudah berusia satu tahun anda sudah bisa mulai mengujungi dokter untjuk memeriksa gigi anak, sehinga apapun kejadian buruk yang akan menimpa gigi bayi bisa di atasi. Disamping itu, membuat bayi anda terbiasa dengan dokter dan tidak takut untuk berobat.

Demikianlah tips tips sederhana merawat kesehatan gigi bayi, semoga saja dengan informasi ini bisa menjadi tambahan pengetahun bagi kita untuk lebih memetingkan perawatan gigi sejak dini, terutama gigi-gigi bayi kita.