Tips Aman Menggunakan Kartu ATM

Tips Aman Menggunakan Kartu ATM - Kartu ATM adalah kartu debit atau kartu kredit yang berfungsi untuk pembayaran uang secara elektronik tanpa harus membawa uang. Penggunaan kartu ATM ini mengacu kepada jumlah saldo yang disimpan pada bank yang menerbitkan kartu ATM. Jadi Kartu ATM ini adalah sebagai pengganti dalam pembayaran dengan uang secara fisik. Sehingga lebih aman dan mudah dalam bertransaksi. KArtu ATM bisa saja rusak dan hilang fungsinya kalau tidak dijaga dengan baik, atau bisa saja di hack dan digunakan oleh orang lain secara tidak salah.

Tips Aman Menggunakan ATM
Maka, dibutuhkan Tips Aman Menggunakan Kartu ATM, sehingga kartu anda tetap terpelihara secara fisik kartu dan juga secara sistemnya, artinya kerahasiaan no PINnya. Maka untuk itu, kami memberikan beberapa tips aman dalam penggunaan kartu pembayaran elektronik ini. Tips nya mengacu pada keamanan kartu dan PIN, dan keamanan saat penggunaannya.

Menjaga Kartu dan PIN
  1. Jaga dan lindungi kartu ATM, kartu debit, dan kredit anda jangan sampai tegores atau bengkok, simpan ditempat yang aman
  2. Hafal no PIN kartu anda, kalau memang harus dicatat, jangan catat sembarangan seperti di tas, kartu, atau mencatatnya di phone book atau Hp anda. Tetapi catatlah secara rahasia atau dengan menggunakan kode tertentu yang tidak dipahami oleh orang lain.
  3. Ketika anda menggunakan dan memilih no PIn, jangan membuat PIN anda dengan nomor yang mudah ditebak, seperti tahun kelahiaran, tahun sekarang, inisial, nomor telpon dan lain-lain.
  4. Kalau kartu anda hilang, pastikan bahwa tahu nomor darurat untuk melaporkannya.
  5. Ketika anda dalam bepergian bawa saja satu ATM dan hafal nomor PIN nya.
  6. Kalau terjadi sesuatu dengan kartu anda seperti hilang, segera laporkan ke bagian yang mengeluarkan kartu anda.
Menjaga kartu saat penggunaannya.
  1. Kalau anda menemukan kerusakan pada ATM secara fisik seperti terlepas kabelnya, ditempelkan alat tertentu, maka segera laporkan kebank penyedia ATM tersebut.
  2. Perhatikan lingkungan sekitar, kalau cahaya ATM sangat temaram, dan lokasi tersembunyi segera tinggalkan dan temukan ATM lainnya.
  3. Persiapkan kartu anda, jangan simpan kartu di tempat tumpukan tertentu sehingga membuat anda kerepotan dalam mengambilnya.
  4. Kalau ATMnya ramai, pastikan orang yang berada disamping atau belakang anda tidak mengetahui PIN anda dan tidak mengetahu berapa jumlah uang yang anda tarik
  5. Jangan pernah menghitung uang di tempat ATM, segera masukkan uuang, kartu ATM, dan kertas slip kekantong
  6. Kalau anda mencurigai sesuai segera tinggalkan ATM dan batalkan transaksi anda
  7. Kalau Atm berlokasi di bilik kecil, jangan biarkan orang lain masuk dengan anda kedalamnya.
  8. Kalau anda menggunakan ATM drive-through, kunci pintu mobil dan tutup segera jendela mobil setelah transaksi.
  9. Jangan meninggalkan sesuatu yang berharga dimobil saat anda transaksi di ATM, da jangan meninggalkan mobil dalam keadaan menyala tanpa ada yang menjaganya.
  10. Waspadai segala bentu tawaran bantuan ketika kartu ATM, debit, kredit anda tersangkut di ATM Box, karena para pembantu bisa mencuri dan mengambil uang anda, tetapi segeralah lapor ke pihak bank bersangkutan.
Demikianlah Tips Aman Menggunakan Kartu ATM, semoga transaksi anda aman dan lancar tanpa ada hambatan apapun.