Tips Hidup Sehat di Usia Remaja

Tips Hidup Sehat di Usia Remaja - Usia remaja adalah usia emas yang dimiliki seseorang. Seseorang akan mampu berbuat banyak hal dengan mudah di usia muda ini. Begitu juga belajar akan sangat berpotensi untuk sukses kalau giat di usia remaja. Pokoknya remaja adalah masa penting dalam kehidupan manusia, karena waktu remaja merupakan lanjutan masa anak-anak dimana manusia belum mengerti tentang hidup. Juga masa remaja merupakan masa dimana masia belum masuk dalam tua yang penuh dengan masalah kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan hidup.

Tips Hidup Sehat di Usia Remaja

Dengan kata lain, usia remaja merupakan kunci seseorang sukses dimasa depan. Masa merasa sangat penting untuk menjaga kesehatan dimasa remaja agar bisa menyelesaikan banyak hal demi kehidupan masa depan yang lebih gemilang nantinya. Maka tips hidup sehat di usia remaja adalah penting untuk disimak. Berikut tips sehat waktu remaja.

Cara Hidup Sehat di Usia Remaja

  1. Mengontrol pola makan. POla makan harus dikntrol sejak dini agar kesehatan bisa berkualitas. Kalau remaja makan semua jenis makanan tanpa memperhatikan sehat atau tidak, maka berbagai jenis penyakit akan mengintai dimasa depan. Lebih-lebih kalau makan makanan yang banyak kalori yang tidak di imbangi dengan olahraga yang memadai. Ini akan berakibat buruk bagi kualitas kesehatan anda. Penyakit seperti diabetes tipe 2 adalah jenis penyakit yang sering menimpa remaja. ingat..!
  2. Melatik otak atau olahraga otak. Ini penting untuk lakukan diwaktu remaja demi kecerdasan anda yang tajam dimasa depan. Anda bisa mengisi TTS atau Teka Teki Silang atau membaca berbagai jenis buku yang anda sukai. Aktivitas edukasi seperti juga penting demi menghindari terjadinya penyakit alzheimer atau kepikunan dini.
  3. Jaga berat badan tetap ideal. Berat badan bagi remaja sering kali menjadi hal yang biasa saja. banyak diantara mereka yang tidak memikirkan tentang itu, padahal dengan mengkonsumsi banyak makanan potensi berat badan sangat besar. Berat badan yang di atas ideal akan memicu timbul berbagai jenis penyakit, gula darah, ginjal, dll.
  4. Menghindari berjemur dimatahari. Matahari adalah sumber energi alam semesta, dan tentu matahari pagi baik untuk tubuh. Namun beda dengan sinar matahari siang yang cendrung memberikan efek negatfi bagi kesehatan. HIndari terpapar sinar matahari siang tanpa adanya bahan pelindung sepreti tabir surya.
  5. Penuhi kalsium dan vitamin D. Janganbiar tubuh anda kurang vitamin D dan kalsium, ini bermanfaat untuk mencegah Oteoporosis pada usia remaja. Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari pagi sebelum jam 9.30 pagi.
  6. Mengkonsumsi asam lemak omega 3. Ini adalah jenis zat yang penting untuk mencegah stroke, penyakit jantung diusia remaja. Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung banyak omega 3 seperti ikan salmon, tuna maupun makarel.
Itulah beberapa tips yang penting anda lakukan untuk menjaga kesehata di usia remaja demi kehidupan yang lebih berkualitas dimasa depan. Jangan anggap remeh dengan kesehatan diwaktu remaja, karena sedikit lalai dari kesehatan maka hari tua akan dihantui dengan berbagai kesulitan kesehatan.