10 Cara Cepat Mengatasi Masalah Flu yang Menyerang

10 Cara Cepat Mengatasi Masalah Flu - Flu atau pilek adalah jenis penyakit yang sering menyerang disaat musim dan cuaca tidak menentu, terkadang panas terkadang dingin atau terkadang hujan rintik-rintik. Flu sangat cepat menyebar dariseseorang ke seseorang yang lainnya baik lewat udara atau lewat bersentuhan langsung.

Flu sering menjadi masalah dalam kehidupan karean bisa menghambat aktivitas kita, walaupun pilek dan flu bukan penyakit yang terlalu berbahaya, tetap saja harus diberikan perhatian khusus agar tidak terjadi hal-hal yan tidak di inginkan. Berikut beberapa cara cepat mengatasi flu dengan alami dan tradisonal.

10 Cara Cepat Mengatasi Masalah Flu

10 Cara Mengatasi Penyakit Flu

1. Bawang
Ketika flu tentu cairanhidung keluar terus dan sangat mengganggu, untuk mengatasi cairan ini anda bisa menggunakan bawang, bawang bisa bermanfaat sebagai katalis. Ambil bawang dan letakkan dihiung selama 5 menit agar cairan hidung tidak tersumbat dan lancar.

2. Tinggikan bantal tidur
Istirahat atau tidur adalah hal penting selama penyakti flu. Dalam istirahat anda harus meninggikan bantal, letakkan beberapa bantal di bawang kepala agar kepala lebih tinggi dari dada. Ini bisa menghentikan produksi cairan ingus.

3. Menggunakan terapi uap
Terapi uap bisa menjadi alternatif dalam mengobati flu atau pilek. Badan panas, hidung mampet dan pilek bisa di atasi dengan penguapan. Cara melakukan penguapan yaitu dengan mengambil satu baskom air panas dan kemudian uapkan diri anda dengan berselimut dengan kain atau sarung dan letakkan air panas didepan dalam baskom, kemudian hadapkan wajah kebawah tepat atas air panas tersebut, agar uap air terkena wajah. Ini sangat efektif salam melegakan badan anda.

4. Menggunakan aroma mentol
Cara lain mengatasi masalah flu yaitu dengan menggunakan aroma mentol pada bawah hidung. Anda bisa mengolesi minyak kayu putih atau balsem mentol pada hidung terutamabagian bawah hidung. Hal ini bisa melancarkan pernafasan dan mencegah iritasi pada hidung akibat selalu keluar ingus.

5. Berkumur-kumur
Berkumur yang dimaksud bukanlah berkumur seperti wudhuk, tetapi berkujur dengan iar hangat yang telah dicampuri garam mineral. Berkumur dengan air hangat ini akan melegakan tenggerokan. Selain garam bisa juga anda tambahkan ramuan-ramuan seeprti cengkeh, jahe.

6. Konsumsi air hangat
Air hangat penting ketika anda sedang diserang flu. Anda kehilangan banyak cairan lewat ingus. Maka anda harus mengkonsumsi banyak minuman, terutama minuman hangat, selain membuat tubuh tetap terjaga dehidrasi, mnuman hangat juga melegakan tenggorokan dan dada.

7. Istirahat total
Ini hal penting yang harus anda lakukan terutama ketika awal-awal fase flu. Mencegah masalah flu dengan istirhat totoal bisa dikatakan sebagai hal penting. Tubuh ketika ittu sedang lemah, maka tubuh harus dikembalikan tenaganya atau dipulihkan kembali sistem imunnya sehingga mampu menjaga tubuh dan menyembuhkan demam atau flu yang menyerang.

8. Konsumsi buah dan sayur
Mengkonsumsi buah dan sayur adalah hal perlu tidak hanya ketika anda diserang flu, tetapi dihari biasa anda juga perlu memperhaitkan cara ini. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran tubuh akan cepat mengembalikan energinya dan kekebalan tubuh akan cepat kembali pullih.

9. Hembuskan nafas dari hidung
Kalau selama flu anda merasakan hidung tersumbat, maka anda harus melakukan cara ini, yaitu dengan menutup mulut dan menghembuskan angin dari hidung, tetapi hati-hati juga dalam melakukannya, tujuannya adalah agar ingus bisa keluar dengan sempurna dan anda bisa kembali bernafas seperti biasa.

10. Konsumsi cabai
Cabai adalah jenis makanan yang mengandung capsaicin, ini adalah senyawa penting dalam cabai yang bermanfaat untuk membersihkan rongga hidung. Kalau anda lagi flu, usahakan makan makanan dengan taburan cabe atau lada pedas diatasnya, ini bisa membantu anda untuk cepat sembuh dari flu.

Inilah 10 cara mengatasi masalah flu yang sering menyerang. Flu bisa menyerang siapa saja mulai anak-anak hingga orang dewasa. Jaga selalu kesehatan terutama ketika musm tidak menentu atau musim pancaroba