Cara Alami Mengatasi Penyakit Flu Influenza

Cara Alami Mengatasi Penyakit Flu Influenza - Penyakit flu sering terjangkit ketika terkena hujan setelah sekian lama tidak turun hujan, atau bisa saja penyakit ini terjangkit akibat bakteri yang disebarkan oleh penderita penyakit flu atau influenza ini. Penyakit Flu walaupun kesannya tidak parah tetapi penyakit sering membuat kita tidak gairah atau semangat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Mengatasi Penyakit Flu Influenza
Dalam postingan ini kita akan berbagi tips dan cara alami mengatasi penyakit flu atau dalam bahasa jawa dikatakan dengan nama meriang, ada juga penyakit ini disebut dengan nama selsema, pilek. Untuk menurunkan gejala penyakit ini ada beberapa cara dan tips yang bisa kita lakukan. Mari kita lihat bersama cara-caranya.

Cara Alami Mengatasi Penyakit Flu Influenza

  1. Sering-sering membuang lender hidung. Ketika diserang penyakit kita pasti banyak mengeluarkan ingus atau lendir hidung, dengan sering mengeluarkan lendir ini hidung kita akan lega, dan bakteri flu akan terbuang, maka seringlah membuang lendir hidung.
  2. Perbanyak Istirahat. Ketika awal-awal anda diserang flu, segera ambil kesempatan untuk istirahat cukup, karena dalam fase ini tubuh anda mencurahkan energi untuk melawan virus influenza, jadi jangan beraktivitas walau hanya menonton atau hal lain yang anda anggap ringat, tetapi istirahat atau tidur.
  3. Berkumur-kumur. Hal lain yang bisa anda usahakan adalah dengan berkumur-kumur, anda bisa menggunakan air larutan garam untuk berkumur atau melembabkan tenggorokan anda yang sedang meradang. Selain air garam, anda juga bisa berkumur dengan air perasan lemon, caranya: ambil satu sendok makan air lemon campurkan dengan segelas air, kemudian aduk merata dan tambahkan satu sendok makan madu, dinginkan air hangat ini pada suhu kamar.
  4. Minum minuman hangat. Minuman sangat membantu dalam menyembuhkan penyakit flu, minuman hangat bisa melegakan pernafasan, menghilangkan dehidrasi dan bisa membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.
  5. Makan alakadar (secukupnya). Ketika seseorang diserang influeza, biasanya nafsu makan menurun. Ini sepertinya adalah gejala alami dari pertahanan terhadap tubuh. Kalau anda makan dalam banyak maka energi yang seharusnya digunakan untuk menyembuhkan flu dialihkan untuk menguraikan makanan. Sehingga penyakit flu lama sembuhnya. Makanlah secukupnya saja ketika flu menyerang.
  6. Menggunakan salep menthol. Pakai saleb mentholo dibawah hidung anda, dengan cara ini mampu mengatasi hidup anda yang tersumbat, dan bisa melegakan pernafasan anda. Menthol juga bisa mengeluarkan aroma yang bisa merangsang produksi lendir dalam hidung, sehingga lendir lama dapat dikeluarkan.
  7. Bersauna (mandi Uap). Dengan mandi uap ketika flu akan melembabkan rongga hidung serta membuat tubuh menjadi rilex. Begitu juga menghirup beberapa tetes minyak kayu putih dalam semangkok air hangat bisa membantu proses penyembuahan penyakit flu ini.
  8. Tidur dengan meninggikan kepala. Tidur dengan kepala tinggi diatas tumpukan bantal bisa melegakan pernafasan kita, membuat rongga hidup leluasa untuk bernafas dan membuat tidur lega dan nyaman.
  9. Cara alami lain mengatasi penyakit flu adalah dengan meminum segelas air campuran 1 sdm madu dan 1/4 sdm bubuk kayu manis yang di aduk dalam segelas air hangat. lakukan langkah ini selama 3 hari, insya Allah penyakit flu segera sembuh.
Demikianlah beberapa cara alami mengatasi penyakit flu influenza, semoga bisa bermanfaat dan menyembuhkan penyakit flu anda. Selamat mencoba.
Baca juga cara menyembuhkan sakit gigi yang menjengkelkan. :)