Tips Mencegah Penuaan Dini | Penyebab Penuaan Dini

Tips Sederhana Mencegah Penuaan Dini - Penuaan dini adalah suatu kondisi dimana kulit seseorang menampakkan kekusaman dan kekeringan layaknya kulit orang tua, dan ini terjadi pada masa-masa seseorang masih muda. Kulit menjadi tua dengan ukuran yang tidak seimbang antara usia dan bentuk kulit.

Untuk itu, sebelum penuaan dini datang menghampiri, ada hal-hal yang harus kita lakukan agar kulit kita tetap cerah, segar dan awet muda. Tips sederhana mencegah penuaan dini ini harus anda terapkan dalam kehidupan demi menjaga penampilan yang bagus dan sesuai dengan usia. Kulit yang kering dan kusam adalah bentuk dari proses terjadinya penuaan dini, sebum yang merupakan bahan aktif yang terdiri dari lemak, keratin dan bahan selular yang diproduksi pada kulit berfungsi memerangi penuaan dini. Ketika sebum ini berkurang maka kulit akan kelihatan kusam dan kering.

Tips Mencegah Penuaan Dini
Sebelum kita melihat apa saja tips yang perlu dilakukan untuk mencegah penuaan dini, Blog icaraku terlebih dahulu berbagi t entangpenyebab dan faktor-faktor terjadinya penuaan dini. Sebenarnya penuaan dini ini diakibatkan dua faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam kejiwaaan seseorang yang tidak mungkin diubah, seperti faktor keturunan, stress, kondisi kejiwaan. Faktor eksternal adalah hal-hal yang berasal dari luar dan ini sangat mungkin untuk diatasi dan dihindari oleh seseorang sehingga penuaan dini bisa tercegah.

Mencegah Penuaan Dini | Penyebab Penuaan Dini

Berikut ini adalah beberapa faktor ekternal yang menyebabkan terjadinya penuaan dini
1. Radikal Bebas
Radikal bebas ini adalah sekumpulan gas yang tercemar dan bersifat merususak terhadap sel kulit sehingga kulit kelihatan kusam dan kering. Gas ini terjadi karena pencemaran udara, air yang bercampur bahan kimia, perubahan cuaca dan lain-lain yang mengganggu kalogen kulit. Untuk mengatasi radikal bebas ini hal yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi makanan sehat atau menjalankan diet sehat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti buah dan sayur adalah sangat bagus untuk kesehatan sel-sel kulit sehingga penuaan dini atau kerusakan sel akibat radikal bebas bisa diatasi.

2. Sinar matahari
Sinar matahari ada yang bermanfaat untuk kulit dan ada juga yang berbahaya, yang bermanfaat yaitu sinar matahari pagi hingga matahari beranjak ke jam 10, sementara mulai dari jam 10-15 ini adalah rentang waktu dimana sinar matahari bisa berbahaya terhadap kulit. Maka gunakan selalu tabir surya saat anda keluar ruangan diantara waktu tersebut.

3. Menjaga kelembaban kulit
Keadaan cuaca yang tida menentu dengan kelembaban yang tidak stabil sering kali menyebabkan kerusakan pada kulit, untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan pelembab kulit atau seperti body lotion yang sesuai dengan kulit anda. Hindari kulit anda terkena tamparan langsung sinar matahari agar penuaan dini bisa dicegah.

Inilah beberapa penyebab terjadinya penuaan dini, berikut kita lihat tips mencegah penuaan dini.

Tips Mencegah Penuaan dini

1. Perawatan kulit secara teratur
Selalu memperhatikaatn kesehatan kulit adalah hal penting dalam menjaga kulit tetap awet muda. Lakukan scrub atau peeling untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada tubuh anda. Melakukan message dan pijat juga menjadi cara lain dalam mencegah penuaan dini. Pijat ini dimaksudkan untuk melancarkan sirkulasi darah, penggunaan masker dan lulur juga menjadi solusinya.

2. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah
Sayur dan buah adalah sumber anti oksidan yang sangat bagus untuk kulit, kandungan antioksidan dalam buah bisa menjaga kulit dari penuaan dini. Hindari junk food dan makanan olahan

3. Mengkonsumsi kacang-kacangan
Tips lain mencegah penuaan dini adalah dengan mengkonsumsi makanan dari produk kacang-kacangan seperti tahu, tempe, tahu dan kedelai.

4. Minum air putih
Biasakan minum air putih setiap hari dengan kadar cukup, yaitu 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas. Kulit yang kekurangan air akan mudah keriput dan kusam karena sel-sel kulit tidak mendapat cukup cairan. Hindari mengkonsumsi minuman soft drink.

5. Suplemen anti oksidan
Mengkonsumsi suplemen anti oksidan adalah cara lain dalam mencegah terjadinya penuaan dini. Konsumsi suplemen seperti vitamin A, vitamin C, Vitamin E, Vitamin B komplek, dan silenium seng.

6. Olahraga teratur.
Ini adalah hal wajib dilakukan oleh setiap anda yang ingin hidup tetap sehat dan cantik. Lakukan olah raga setiap harinya dengan kisaran waktu 30 menit. Olah raga yang bisa anda lakukan adalah seperti jalan cepat, Aerobik, senam kebugaran, atau olahraga lainnya yang mungkin anda lakukan. Olahraga disini adalah olahraga yang membuat otot anda berkontraksi atau bergerak cepat.

Olahraga akan membuat sirkulasi darah lancar, sehingga nutrisi dan oksigen bisa tersalurkan dengan baik keseluruh sel tubuh. Inilah beberapa tips mencegah penuaan dini dan penyebab terjadinya penuaan dini. Semoga artikel kami ini bermanfaat.