Cara, Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak - Gigi anak termasuk hal sangat penting dijaga agar perkembangan dan pertumbuhan gigi anak bisa normal dan sehat. Anak-anak biasanya sangat suka dan doyan dengan makanan manis-manis seperti coklat, es kream dan lain-lain. Makanan ini adalah tersangka bagoi kerusakan gigi anak, anda bisa mencegah anak dari mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan. Tetapi harus diketahui juga bahwa kesehatan gigi tidak hanya tergantung pada tidak mengkonsumsi makanan manis tersebut, namun juga ada faktor-faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab rusaknya gigi anak.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

So, tips menjaga kesehatan gigi anak penting untuk diketahui. Anda jangan sungkan dan tidak memperdulikan gigi anak hanya karena menganggap bahwa mereka masih mempunyai gigi susu yang nantinya juga akan copot. Tetapi anda harus terus memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi anak serta mengajari mereka untuk terbiasa dengan kesehatan yang baik. Berikut ada beberapa tips menjaga kesehatan gigi anak sebagaimana yang dilansir dari merdeka.com

1. Mengajari anak untuk gosok gigi
Anda harus menjadi contoh bagi anak anda dalam menggosok gigi. Ajari mereka untuk menggosok gigi dengan benar dan dua kali dalam sehari, yaitu pagi hari dan malam ketika habis makan malam. Biasakan anak-anak untuk selalu menjaga waktu untuk menggosok gigi sehingga rutinitas ini menjadi kebiasaan sehat mereka.

2. Memilih sikat gigi anak yang tepat
Sikat gigi anak berbeda dengan bentuk sikat gigi orang dewasa, jadi anda harus menyediakan sikat gigi yang tepat untuk anak. Gigi anak dengan gusinya masih lembut dan berbahaya kalau mereka menggunakan sikat gigi keras seperti orang dewasa. Pilih sikat gigi yang berbulu lembut dengan ujung sikap bundar atau bulat. Dengan keadaan sikat seperti ini mereka bisa menyikat dan menghilangkan sisia makanan serta mencegah plak pada gigi mereka tanpa harus merusak enamel gigi dan gusi mereka.
Baca juga: Cara menjaga kesehatan anak
3. Beri makanan-makanan sehat untuk anak
Tips menjaga kesehatan gigi anak selanjutnya yaitu dengan memperhatikan asupan makanan anak. Makanan anak sebaiknya jangan makanan yang manis-manis. Biasakan anak-anak mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan sehat seperti jeruk, apel, kiwi, dll. Disamping itu batasi anak anda mengkonsumsi banyak makanan manis dan asam serta minuman yang berkafein.

4. Rutin memeriksa gigi ke dokter
Memeriksa gigi kedokter juga penting bagi anak-anak, sama juga dengan orang dewasa yang disarankan untuk memeriksa gigi kedokter setiap 6 bulan sekali. Beri pengertian pada anak tentang pentingnya memeriksa gigi. Jangan hanya memriksa gigi ketika sakit, tapi jadikan ini sebagai rutinitas yang tidak perlu ditakuti. Kalau ini tidak diterapkan pada anak maka mereka akan menganggap bahwa kedokter adalah hal yang menakutkan.

Demikianlah beberapa cara dan tips menjaga dan merawat gigi anak. Biasakan hidup sehat dan selalu bersyukur dengan nikmat yang telah Allah berikan, insya Allah hidup akan selalu dikarunia kesehatan yang baik. Semoga saja artikel singkatnya bermanfaat.