Beberapa Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

icaraku - Sudahkah anda mengkonsumsi wortel hari ini? Wortel adalah sayuran yang mengandung manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Beberapa manfaat wortel bagi kesehatan akan segera kita ketahui karena kami akan memfokuskan pada sayuran yang berwarna orange ini. Kita mungkin sering makan wortel sebagai cemilan, atau sebagai sayuran yang kita tambahkan dalam sop, sayuran tumis dll. Sebenarnya wortel yang orange ini tidak hanya bermanfaat sebagai pelengkap sayuran tetapi juga mempunyai segudang manfaat lainnya bagi kesehatan yang kadang kala tidak diketahui banyak orang.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat wortel bagi kesehatan terletak pada kandungan betakarotennya, yaitu zat yang bermanfaat untuk mata dan juga kesehatan kulit. Wortel kalau dijadikan sebagai cemilan akan sangat bagus dalam membersihkan gigi, hampir sama khasiatnya seperti buah strawberry yang bisa membersihkan dan memutihkan gigi. Selain itu, mengkonsumsi wortel secara teratur setiap hari akan memberikan dampak yang luar biasa baik bagi kesehatan mata, atau bagi kesehatan kulit, termasuk bisa menghalau sel kanker dan sel-sel kulit mati sehingga kulit akan nampak segar dan cerah sepanjang hari.

Lebih lanjut, sebagaimana yang dikutip vemale, ada 7 manfaat wortel untuk kesehatan. Apa saja? Berikut penejalasannya.

1. Manfaat untuk kesehatan gigi
Wortel untuk bisa bermanfaat secara baik kepada kesehatan gigi, harus dimakan mentah-mentah atau dibuat sebagai cemilan. Mengkonsumsi wortel secara mentah dan renyah sangat bagus untuk mencegah plak pada gigi dan sisa makanan yang tersangkut pada gigi. Wortel akan membersihkan gigi anda sehingga menjadi gigi putih dan bebas kotoran. Manfaat wortel juga bisa untuk mengatasi gusi berdarah dan berbagai masalah gusi lainnya.

2. Manfaat untuk kesehatan pencernaan
Wortel yang bermanfaat untuk kesehatan gigi juga mempunyai manfaat lainnya yaitu untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Diare adalah penyakit yang berkembang akibat bakteri dalam perut, kandungan potassium, sodium, sulfur, magnesium dan fosfor dalam wortel bisa menjadi senata ampuh dalam menghantam perkembangan bakteri sehingga masalah pencernaan bisa cepat teratasi. Wortel juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan yang susah BAB, kandungan serat yang banyak dalam wortel bagus untuk melancarkan pencernaan.

3. Manfaat wortel untuk antiseptik
Untuk urusan luar kulit wortel juga ampuh untuk dijadikan sebagai obat luka luar. Kandungan antiseptik pada wortel akan cepat menyembuhkan luka. Caranya yaitu dengan menghaluskan wortel dan menempelnya pada kulit kemudian dibalut untuk mencegah wortel terjatuh.

4. Manfaat untuk kulit
DIawal pembicaraan sudah kita singgung bahwa wortel bagus untuk kulit dan bisa mencerahkan kulit. Kulit yang sering terpapar sinar ultraviolet akan cepat menua, dan wortel b isa mengikis sel-sel kulit mati sehingga kulit tetap awet dan nampak bersinar. Selain itu, kandungan vitamin A dalam wortel juga bisa menjadi bahan alami yang sangat bagus untuk mengusir pigmentasi yaitu bintik bintik hitam atau flek hitam pada wajah.

5. Manfaat wortel untuk kesehatan mata
Kandungan vitamin A dalam wortel tidak hanya bagus untuk mengusir pigmentasi, tetapi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dari katarak yang bisanya terjadi pada yang menua, yaitu memberikan penglihatan yang lebih baik dan lebih tajam dalam suasana yang gelap.

6. Manfaat wortel untuk mencegah kanker
Kanker adalah penyakit yang menakutkan dan sangat banyak kematian yan disebabkan oleh kanker. Padahal orang yang rajin megnkonsumsi wortel akan terhindari dari kaker, seperti kanker usus, kanker payudara, dan kanker paru-paru. Kandungan falcarinol-lah yang bekerja ekstra dalam wortel untuk meminimalkan resiko kanker.

Bagi anda yang sudah lama tidak mengkonsumsi wortel kini saatnya membersihakn tubuh dari berbagai kotoran san sel-sel kanker. Mari kita mengkonsumsi wortel sebagai cemilan sehari-hari.

7. Manfaat wortel mengatasi stroke
Lagi-lagi wortel, sebagaimana yang dikutip dari spotonthelist, wortel ternyata bisa mengurangi resiko stroke hingga 68%. Kalau pun anda tidak bisa mengkonsumsi setiap hari wortel, anda bisa mengkonsumsi wortel 5 kali dalam seminggu.

Baca juga: wortel melawan kanker

Luar biasa manfaat wortel untuk kesehatan manusia, mulai dari menyehatkan kulit, membuat kulit bersinar dan menghilangkan flek-flek hitam pada permukaan kulit hingga bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker dan stroke. Jadi, mulai sekarang tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak mengkonsumsi wortel. Jadikan wortel sebagai makanan sehari-hari atau gantikan snak anda dengan snak yang lebih sehat yaitu WORTEL. Demikianlah manfaat wortel untuk kesehatan semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.

Read more: Health benefits of carrot