Manfaat Daun Jarak, Getah, Biji untuk Kesehatan

iCaraku - Manfaat daun jarak untuk kesehatan. Daun jarak adalah tanaman bergetah yang biasa dijadikan sebagai penyangga pagar. Tanaman jarak bisa tumbuh dengan mudah walaupun tidak dirawat. Beberapa waktu lalu masyarakat berduyun-duyun membudidayakan tanaman jarak untuk menghasilkan minyak, karena menurut info minyak dari jarak ini bisa digunakan sebagai minyak motor atau BBM.

Manfaat Daun Jarak
Yang jelas, manfaat daun jarak untuk kesehatan sudah dari dulu digunakan oleh orang tua kita dikampung. Termasuk salah satnya yaitu mengobati luka dengan menggunakan getah jarak. Ada sangat banyak penyakit lainnya yang bisa disembuhkan dengan berkat dari tanaman jarak, ini tidak terlepas dari kandungan yang ada dalam tanaman jarak. Berikut penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan tanaman jarak.

Manfaat Daun Jarak untuk Pengobatan

1. Mengobati keputihan pada lidah bayi
Biasanya bayi yang menderita penyakit ini akan enggan dan tidak mau menyusui, tentu akan berefek buruk bagi kesehatannya kemudian. Jadi anda bisa mengobati penyakit bayi ini dengan menggunakan getah dari tanaman jarak. Petik daun jarak dan biasanya akan keluar getahnya, ambil getah tersebut dan oleskan pada lidah bayi yang keputihan, insya Allah penyakit ini akan keluar dengan sendirinya bersama dengan air liur bayi.

2. Susah bunag air besar (konstipasi)
Konstipasi atau susah dalam membuang kotoran menjadi penyakit berbahaya bagi kesehatan secara umum. Bagi anda yang menderita penyakit ini bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi daun jarak, caranya yaitu dengan mengukus 4 helai daun jarak hingga lmebek, kemudian memakannya, lakukan ini selama 7 hari hingga semeblit atau susa BAB anda hilang.

3. Perut kembung dan masuk angin
Daun jarak bisa berguna untuk emngobati perut kembung atau masuk angin, ini sering tejadi pada bayi, kalau anda mengalamainya silakan petik beberapa helai daun jarak tua, dan siangi di atas api hingga layu. kemudian di olesi dengan minyak telon, minyak kelapa atau minyak kayu putih, tempelkan pada perut bayi bagian bawah dan pinggangnya. Biasanya cara sederhana ini akan segera mengeluarkan gas dalam perut bayi, biasanya hanya butuh beberapa jama saja.

4. Getah jarak mengobati sariawan
Kalau anda menderita sariawan, anda bisa menggunakan getak daun jarak. Petik daun jarak dan biasanya akan keluar getah dari tangkainya, ambil getah tersebut dan langsung oleskan pada sariawan.

5. Getah daun jarak untuk gigi berlobang
Bagi penderita gigi berlobang bisa menggunakan getak daun jarak untuk menogbatinya. atau menggunakan manfaat biji alpukat seperti pada postingan sebelumnya tentang "manfaat alpukat untuk kesehatan". Caranya yaitu dengan mengambil getak jarak dengan menggunakan kapas, dan mengolesinya pada gigi berlobang. Perlu diketahui bahwa daun jarak bersifat anti mikroba sehingga bagus untuk menyerang dan mematikan bakteri seperti Streptococcus dan Escherechia Coli.

6. Mengobati rematik
Manfaat daun jarak untuk kesehatan selanjutnya yaitu bisa mengobati rematik. Caranya: ambil beberapa helai daun jarak yang tua dan segar, kemudian lumatkan dan tempelkan pada bagian tubuh yang rematik, exim, atau gatal-gatal, gunakan hingga kering dan gantikan dengan yang baru.

7. Mengobati batuk berdahak
Manfaat daun jarak juga bisa dirasakan oleh anda yang batuk berdahak, untuk mengobati batuk berdahak ambil secukupnya akar tanaman jarak dan rebus dengan 6 gelas air, hinga tersisia 2 gelas. Minum diwaktu pagi dan sore hari. Ulangi meminumnya ke esokan harinya. Akar tanaman jarak bisa digunakan selama 3 kali rebusan.

Inilah beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan. Masih banyak lagi kegunaan dan manfaat serta khasiat dari tanaman jarak untuk kesehatan. Insya Allah akan kita lanjutkan pada kesempatan lainnya. Selamat mencoba dan salam sehat.