Umpan Jitu untuk Memancing Ikan Mujair

Umpan Jitu untuk Memancing Ikan Mujair - Ikan mujair adalah ikan yang hidup di air tawar, biasanya ada di sungai atau ditambak-tambak. Ikan mujair sangat senang dengan lumut-lumut, sehingga salah satu umpan yang jitu adalah menggunakan lumut dalam tambak. Memancing ikan mujair terkadang juga menyenangkan dan terkadang juga menyebalkan. Biasanya ikan mujair kalau lagi mood akan langsung menyambar umpan di mata kail, kadang ada juga yang tidak, walaupun umpan diletakkan di depannya, dia tetap menyingkir dan pindah ketempat lain.

Ikan mujair mempunyai rasa lemak dan enak sekali, sehingga banyak orang memburu ikan ini di pasar, disamping itu harga ikan mujair juga sangat murah. Ikan mujair besar bisa sebesar 5 jari bahkan 10 jari. Ikan ini mudah didapatkan di air payau, danau, atau muara sungai. Untuk mendapatkan ikan mujair anda bisa menjaringnya, atau mamancingnya. Untuk memancing ikan mujair dibutuhkan keahlian dan umpan yang tepat. Maka, anda perlu tahu umpan ikan mujair yang jitu. Maka dalam artikel ini kami menyiapkan umpan jitu untuk memancing ikan mujair.

Umpan Jitu untuk Memancing Ikan Mujair

Umpan Jitu untuk Memancing Ikan Mujair


1. Umpan lumut sawah/tambak
Salah satu umpan jitu untuk memancing ikan mujair adalah lumut sawah atau tambak. Lumut bisa anda dapatkan di sawah atau di aliran sungai, biasa juga anda beli di toko pancing atau perlengkapan memancing. Beli satu ember lumut dan kasih garam sedikit. Garam yang dimasukkan kedalam lumut bertujuan agar lumut ini mudah lengket ketika di gunakan pada mata kail.

Cara menggunakan lumut pada mata kail adalah dengan memasukkan mata kail kedalam ember berisi lumut, kemudian putar-putar mata pancing hingga lumutnya melekat.

Baca juga:

2. Umpan dari udang rebon
Berikutnya, umpan jitu untuk memancing ikan mujair adalah udang rebon. Udang rebon yang kecil kecil sangat cocok digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan mujair, anda bisa menusuk 3 hingga 4 biji udang rebon pada mata kail. Usahakan udangnya masih hidup, karena ini akan meransang ikan mujair untuk menyerang mata kail dengan lebih agresif.

Penggunaan udang rebon biasanya digunakan untuk pemancinga ikan mujair pada peraian payau. Kalau anda memancing di danau, atau sungai maka banyak yang mengatakan bahwa umpan lumut lebih cocok dan sesuai. Demikian tips dan cara memancing ikan mujair dengan umpan jitu memancing ikan mjujair.