Cara Memandikan Kelinci | Memelihara Kelinci

Cara Memandikan Kelinci | Memelihara Kelinci - Kali ini kita akan memelihara kelinci. Kelinci juga merupakan binatang peliharaan yang bagus dan mengundang lucu dan indah juga. Apalagi kelinci bisa dimakan tidak sam dengan kelinci yang hanya dinikmati keindahannya saja tanpa bisa dimakan.

Dalam memelihara kelinci salah hal yang perlu diperhatikan adalah cara memandikan kelinci, kelinci walau sering bersih dan anggun tetapi sesekali kelinci juga bermain diatas kotoran-kotorannya, Ini tentu akan membuat kelinci anda kotor dan hilang keindahannya. Kalau kelinci kotor dan dalam waktu lama tidak dibersihkan maka kelinci anda harus anda mandikan.

Kelinci biasanya bisa memandikan dirinya sendiri dengan cara menjilat bulunya, tetapi kalau kelinci telah begitu kotor anda harus menyiapkan waktu untuk membersihkannya dengan cara memandikannya. Maka anda harus tahu bagaimana cara memandikan kelinci kelinci. Ini harus anda perhatikan karena berbeda dengan cara memandikan kucing

Cara Memandikan Kelinci

  1. Untuk memandikan kelinci siapkan air dalam ember dengan kondisi hangat kuku, kira-kira airnya 2,5 cm. hati-hati dengan air jangan terlalu panas karena bisa berbahaya terhadap kelinci, jangan tinggalkan kelinci sendiri dalam ember karena kemungkinan ia akan melompat dan membuatnya terluka.
  2. Usahakan ada teman ketika memandikan kelinci, yang satu memegang kelinci dan yang lainnya memandikan dengan menggunakan sikat lembut.
  3. Cukup gunakan air biasa, tidak usah menggunakan sabun karena ditakutkan nanti tidak bisa di bilas dengan bersih. Akhrinya termakan oleh kelinci kesayangan anda.
  4. Angkat kelinci dengan hati-hati dari ember, minta bantuan orang lain atau keluarga untuk memegang kaki belakang, agar kelinci tidak menendang dengan ganas, karena ini bisa mengakibatkan patah tulang belakangnya. Untuk mengangkat kelinci dari tempat pemandian anda bisa memegangnya dari tengkuk bagian belakang kepala.
  5. Keringkan kelinci dengan handuk dan balut tubuhnya dengan handuk agar tidak kedinginan, tepuk-tepuk tubuhnya pelan-pelan sampai semua bulunya kering, biasanya ini memakan waktu sekitar 1 jam lamanya.
  6. Untuk mengeringkan tubuh kelinci anda bisa juga menggunakan hair dryer, tetapi atur suhu panasnya sehingga tidak membinasakan kelinci. Untuk penggunaan ini, anda harus memperhatikan kelinci anda, karena biasanya kelinci takut dengan suara bising sehingga penggunaan hair dryer harus anda singkirkan.
  7. Setelah bulu kelinci kering, kemudian sisir dan sikat bulunya agar bulunya kembali lurus dan mengembang.
Demikianlah cara memandikan kelinci kesayangan anda, semoga saja ini bermanfaat terutama bagi anda yang suka dengan binatang peliharaan.