Cara-Cara Memandikan Kucing Persia

Cara-Cara Memandikan Kucing Persia - Kucing persia membutuhkan perawatan ekstra, seperti yang telah kita bahas tentang cara merawat kucing persia. Kemudian, salah satu cara merawat kucing ini adalah dengan memandikannya, Jadi sebagai pemelihara kucing persia kita harus tahu cara memandikannya.

Kucing persia memiliki bulu yang lebat dan panjang, ini harus selalu dirawat agar bulunya tetap kelihatan indah dan tidak kusut, kalau anda sulit menyisir rambutnya, anda bisa tanyakan kepada ahlinya seperti yang telah saya posting di artikel terdahulu.

Cara Memandikan Kucing Persia
Menysisir bulu kucing persia ini penting, terutama kalau kucing itu sering berada diluar ruangan, udara diluar sering kotor dan bisa menyebabkan bulu kucing menjadi kotor dan terjangkiti bakteri, maka harus sering menjaga dan melihat dimana biasanya kucing persia anda bermain. Kalau bulu mmereka kotor anda bisa memandikannya untuk kembali membuatnya nyaman.

Memandikan kucing persia memang suatu pekerjaan yang menantang, tetapi tenang saja, kalau anda tekun dan memiliki sedikit ilmu dasar tentang cara merawat kucing anda pasti bisa. Kalau anda tidak tahu caranya, mari kita lihat bagaiamana tips dan cara-cara memandikan kucing persia supaya tetap kelihatan indah dan menggemeskan.

Beberapa Cara Memandikan Kucing Persia

  1. Isi bak mandi dengan air hangat sampai terisi setengah, kemudian campurkan dengan sedikit sabun pencuci piring, kira-kira 1/2 sendok teh. Ingat air hangat ya (tidak dingin)
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan kucing persia anda kedalam air tersebut dengan perlahan-lahan. Usahakan badannya saja yang kena air sementara kepala kucing dijaga sebaik mungkin agar tidak terkena air.
  3. Selanjutnya, cara memandikan kucing adalah dengan menuangkan air sedikit demi sedikit atas badannya, jangan digosok agar tidak kusut, Ingat jangan sampai air masuk kedalam hidungnya, matanya, telinga, mulut kucing persia anda.
  4. Setelah itu jangan angkat kucing dulu, biarkan dia dalam bak mandi dan buang air dari bak mandi sambil terus memegangi kucing persia anda.
  5. Langkah selanjutnya, masukkan kembali air kedalam bak dengan air hangat untuk membilas badan kucing dari sisa-sisa sabun. Caranya adalah dengan menuangkan air sedikit demi sedikit kebadan kucing, bilas kucing dengan cara se arah (dari atas kebawah). Selanjutnya biarkan kucing persia anda tetap dalam air selama 1 menit.
  6. Angkat kucing dari bak mandi, peras bulunya dari air yang mengendap dalam bulunya
  7. Peras air pada bulu kucing dengan handuk lembut.
  8. Kemudian sisir bulunya dengan menggunakan sisir logam, kenapa sisir logam, ini untuk membuat bulu kucing tidak kusut.
  9. Terakhir pakai hair dryer untuk mengeringkan bulu kucing, gunakan panas terendah, dan keringkan bulu satu pihak secara merata, baru kemudian keringkan pihak yang satunya lagi.
Demikianlah cara memandikan kucing persia, Sebagaimana diketahui kucing persia butuh perawatan ekstra dan perhatian lebih, jadi disarankan anda benar-benar tahu tentang ilmu kucing :). Selamat mencoba semoga bermanfaat.