Tips Membersihkan Muka dengan Benar

Tips Membersihkan Muka dengan Benar - Membersihkan muka adalah salah satu hal penting dilakukan demi menjaga kebersihan kulit. Kulit muka selalu berkontraksi dengan cuaca luar dan sering menjadi sasaran polusi udara, sehingga untuk menjaga muka tetap cantik, mutlak dibutuhkan perawatan, salah satunya dengan mencuci muka secara tepat dan benar.

Namun demikian, tetap saja banyak orang yang belum mengetahui sepenuhnya cara membersihkan muka dengan benar. Kesalahan dalam membersihkan muka bisa berakibat hal yang tidak di inginkan, seperti muncul jerawat pada muka, atau muka menjadi kusam. Maka dalam postingan ini kami akan memberikan gambaran dan tips membersihkan muka dengan tepat.

cara membersihkan wajah atau muka
Beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika mencuci wajah adalah:

1. Mengikat rambut sebelum mencuci muka
Sebelum melakukan pembersihan muka anda harus mengatur rambut anda terlebih dahulu, seperti mengikatnya. Ini bertujuan agar anda bisa leluasa dan sabun pencuci muka anda tidak terkena pada rambut. Bukankah rambut tidak tidak cocok dengan sabun pencuci muka! jadi usahakan agar rambut anda tidak terurai kedepan wajah.

2. Basuh dengan air hangat
Sebelum melakukan pembersihan muka, basuhlah muka anda dengan air hangat, Membasuh muka dengan air hangat bertujuan untuk membuka pori-pori kulit agar semua kotoran pada muka bisa dibersihkan dengan baik.

3. Gunakan pembersih yang cocok
Ada sangat banyak produk pembersih muka, maka pilihlah yang cocok dengan kulit muka anda. Karena kandungan dalam masing-masing produk ini berbeda-beda, jadi hati-hatilah dalam memilih produk pembersih muka anda. Pakar kecantikan menyarankan agar anda memilih hanya beberapa produk kecantikan saja, pilihlah 1 produk atau dua produk saja.

4. Bersihkan sisa sabun/pembersih dengan baik
Dalam membersihkan muka, anda harus benar-benar memperhatikan bagian penting dari muka, tujuannya adalah untuk membersihkan sisa sabun dengan bersih. Perhatikan bagian seperti hidung, telinga, leher, tempat ini biasanya sering tertinggal sisa kotoran, maka bersihkan dengan sebaiknya. Sisa sabun yang tertinggal pada kulit bisa sangat berbahaya terhadap kesehatan dan kecantikan.

5. Keringkan wajah dengan handuk kering bersih
Keringkan muka anda pelan-pelan sehingga benar-benar kering. Anda harus menggunakan handuk kering, dan perhatikan kebersihannya. Ketika mengusap muka jangan mengusapnya dengan keras karena ini bisa mengakibatkan kerutan wajah.

6. Menggunakan pelembab wajah setelah pembersihan
Pada bagian akhir membersihkan muka, gunakan pelembab. Ini bertujuan agar muka anda tetap lembab dan sehat. Pilih pelembab yang bagus dan cocok dengan kulit anda.

Perhatikan selalu 6 langkah membersihkan wajah secara benar ini. Dan jangan sedikitpun lengah dalam proses pembersihan muka ini, artinya anda harus benar-benar menganggap bahwa muka adalah bagian tubuh yang penting diperhatikan dan dirawat.

Baca juga: Cara menyegarkan kulit wajah yang kusam