Melirik Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan - Mengkudu adalah tanaman yang tumbuh di Indonesia dengan aneka manfaat untuk kesehatan. Mengkudu memiliki pohon dengan warna kecoklatan dengan daun berwarna hijau setiap masanya. Buah mengkudu berwarna hijau ketika masih muda dan buah mengkudu akan berwarna kuning keputih-putihan ketika sudah masak dan memiliki kulit yang hampir transparan. Buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk dunia kesehatan seperti untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Buah dengan nama Morinda Citrifolia ini memiliki manfaat seperti mengobati kanker, tumor, dll. Buah mengkudu ini mempunyai nutrisi yang disebut vitamin, mineral dan protein serta senyawa penting lainnya. Diantara mineral yang ada didalam buah mengkudu adalam silenium yaitu anti-oksidan, xeronin, alizarin, licine, proxeronine. Sementara senyawa penting lainnya yang terkandung didalam mengkudu yaitu scolopetin, terpenoid, zat anti bakteri, asetil, moridon dll.

Berbagai manfaat buah mengkudu untuk kesehatan

Mencegah Kanker
Buah mengkudu mengandung anti oksidan, zat ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Disamping itu, anti-oksidan juga bermanfaat untuk mencegah menyebarkan sel-sel kanker dalam tubuh, serta memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak, bukan hanya itu tetapi juga mampu membuat sel tubuh bekerja semestinya lagi. Fungsi lain dari anti oksidan adalah untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Alergi
Kandungan zat anti alergi dalam buah mengkudu bisa membuat seseorang yang rutin mengkonsumsi buah mengkudu merasa lebih baik dan terhindar dari alergi. Mengkudu mengandung anti bakteri, anti radang serta anti alergi. Begitu banyak penyakit yang mengintai tubuh kita sehingga orang yang mengkonsumsi buah mengkudu ini lebih mampu menjaga tubuhnya dari terserang penyakit.

Menjaga Darah Tetap Normal
Kandungan fitonutrien dalam buah mengkudu bisa melebarkan pembuluh darah sehingga ini aliran darah tetap stabil, Kalau pembuluh darah menyempit maka yang terjadi adalah jantung bekerja dengan kuat diluar kebiasaan sehingga tekanan darahpun tidak stabil. Dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur aliran darah dan tekanan darah bisa selalu stabil dan normal.

Disamping manfaat buah mengkudu seperti diatas juga mengandung sejuta manfaat lain dari mengkudu seperti meringankan penyakit perut, demam dan lain-lain. Mengingat banyak manfaat mengkudu untuk kesehatan, tidak ada salahnya dalam postingan ini icaraku.com menyarankan anda untuk rajin mengkonsumsi mengkudu demi kesehatan agar selalu terjaga. Jangan takut atau alergi dengan rasanya yang kurang sedap, tetapi ingat akan manfaat mengkudu yang luar biasa.

Baca juga:  Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan