Manfaat Jeruk Bali, Pamelo untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Bali, Pamelo untuk Kesehatan - Jeruk bali memiliki bentuk yang bulat dengan ukuran yang besar, buah ini memiliki citarasa manis kalau buahnya sudah masak, tetapi akan terasa agak pahit kalau buahnya masih belum masak atau tua. Jeruk bali sebenarnya tidak ada kaitan sama sekali dengan pulau bali, tetapi entah kenapa buah jeruk yang besar ini dikatakan Jeruk Bali, itulah sebabnya menteri pertanian menyarankan agar buah ini disebut saja dengan pamelo.

Manfaat Jeruk Bali, Pamelo
Buah pamelo atau jeruk bali memiliki aneka warna, ada yang warna merah ada juga yang kuning dan kecoklatan. Jeruk bali ini tidak hanya enak dijasikan sebagai kudapan atau makanan snack tetapi juga ternyata jeruk bali menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan kita secara umum, bahkan manfaat jeruk bali atau pamelo ini juga besar bagi mereka yang sedang hamil. Kandungan asam folat dalam jeruk bali membuat buah ini banyak manfaatnya untuk kesehatan ibu hamil terutama dalam menyediakan asam folat untuk kebutuhan bayi agar bayi sehat dan tidak bermasalah dengan cacat.

Kandungan zat dalam Jeruk Bali
Jeruk bali mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk kesehatan, katakan saja vitamin C yang terkandung didalamnya yang sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan mencegah terjadi berbagai gejala penyakit. Dalam kandungan 100 gram jeruk bali atau pamelo mengandung 350 microgram vitamin c. Disamping vitamin C buah pamelo juga mengandung banyak pektin, pektin yang terkandung dalam buah jeruk bali ini adalah jumlah terbesar diantara semua jenis jeruk.

Zat lain yang sangat bermanfaat untu kesehatan adalah zat pembersih darah, pigmen bioflavanoid, likopen, Vitamin A, B, B1 dan juga B2. Buah jeruk bali juga mengandung asam folat yang sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil, karena janin membutuhkan asam folat ini. Juga mengandung kalsiium, kalium.

Manfaat jeruk bali atau pamelo

Buah dengan kandungan senyawa dan vitamin seperti diatas tidak heran kalau buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, kandungan vitamin C misalnya, ini akan sangat berguna untuk meningkatkan anti body, mempertahankan kesehatan kolagen sehingga ampuh menyerang varises. Bahkan bukan hanya itu, jeruk bali juga ampuh dalam menyerang berbagai jenis penyakit seperti kanker dan memperbaiki jaringan kulit.

Kandungan pectin dalam jeruk bali bermanfaat untuk menekan kolesterol jahat dalam darah sehingga anda terhindari dari kolesterol yang bisa menyebabkan perkapuran pada pembuluh darah.

Selain itu, manfaat jeruk bali atau pamelo adalah untuk kesehatan ibu hamil. Buah ini bermanfaat bagi ubu hamil karena kandungan asam folatnya yang bagus, yang mudah diserap oleh janin melalui rahim ibu. Asam folat ini bermanfaat untuk perkembangan janin dan pertumbuhannnya. Tubuh ibu tidak menyimpan cukup asam folat untuk bayi, sehingga ibu hamil diwajibkan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asam folatnya. salah satu makanan yan banyak mengandung asam folat adalah jeruk bali atau buah yang dikenal dengan pamelo.

Itulah beberapa manfaat jeruk bali atau buah pamelo untuk kesehatan. Semoga saja buah ini bisa anda dapatkan dan anda rasakan manfaatnya untuk kesehatan anda.