Tips Menghafal Al-Qur'an Metode Ust Yusuf Mansur

Tips Menghafal Al-Qur'an - Menghafal al-qur'an sangat sulit dan susah, kebanyakan kita ketika menghafal al-Qur'an sering lupa apa yang sudah kita hafal sebelumnya, sehingga banyak lupa daripada bisa. Sebenarnya dalam menghafal al-Qur'an ada metode khusus atau cara tertentu dalam menghafal al-Qur'an sehingga kita bisa menghafalnya dengan baik tanpa kendala yang berarti.

Menghafal Al-Qur'an Metode Ust Yusuf Mansur
Dalam postingan kita akan melihat prinsip pokok menghafal al-qur'an terlebih dahulu sebelum melihat apa saja metode ust Yusuf Mansur dalam menghafal al-Qur'an. Ini adalah secuil ilmu yang saya dapatkan dari blog inspirasicoffee.com. Semoga saja menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semuanya. Berikut kita perhatikan prinsip pokok dalam menghafal al-qur'an sehingga al-Qur'an menjadi enak dan senang bagi kita yang menghafalnya, tidak menjadi beban tetapi menjadi keinginan dan kebutuhan yang menyenangkan.

Prinsip-prinsip dalam menghafal al-Qur'an yaitu:

1. Do'a
Jangan lupa berdo'a dan meminta kepada Allah agar dimudahkan dalam memahami Kalam Nya. Ini penting karena kita sedang mau menghafal Al-Qur'an yang menjadi kalam Allah.

2. Niat
Innamal a'malu binniat. Amal itu berdasarkan niat, jadi benarkan dulu niat kita dalam menghafal al-Qur'an sehingga ini menjadi hal yang mudah bagi kita dalam menghafalnya. Ingat,, apakah kita menghafal al-Qur'an karena makhluk agar dipuji, agar dianggap hafidh atau menghafal karena Allah Semata. Kalau Niat kita benar Insya Allah tugas mulia kita dalam menghafal al-Qur'an ini menjadi mudah dan enak serta nyaman.

3. Mengetahui Fadhilah menghafal al-Qur'an
Bagaimana kita bisa semangat menghafal sesuatu yang sendiir tidak tahu apa pentingnya, apa manfaatnya, apa fadhilahnya. Maka perlu bagi kita untuk mengetahui fadhilah dari menghafal al-Qur'an. Simak kata ust Yusuf Mansur berikut ini.
"Membaca dan menghafal al-Qur'an itu ibarat membangun gunung emas, setiap huruf yang dibaca akan masuk kedalam kantong kita yang nilainya bahkan lebih besar dari gunung itu sendiri, Subhanallah"

4. Memiliki target
Buat target yang rasional dalam menghafal, jangan menghafal secara plong tanpa ada target apa-apa ini akan sangat mudah meruntuhkan semangat kita dalam menghafal al-Qur'an. Buat target misalnya dalam bulan ini harus bisa berapa ayat, atau berapa surat. Ini akan membuat kita bersemangat dalam mengejar target.

5. Iringi dengan amalan andalan
Dalam menghafal al-qur'an sebaiknya kita mengiringi dengan amalan-amalan yang baik lainnya seperti berpuasa senin kamis, atau puasa daud, dan lain-lain, iringi juga dengan tahajjut, dhuha, dan sedeqah. Ini semuanya akan memudahkan urusan kita dalam menghafal al-Qur'an insya Allah.

Itu prinsip dasar yang harus dimiliki oleh kita yang ingin benar-benar menghafal al-Qur'an. Setelah mengetahui tentang prinsip dasar menghafal al-qur'an sekarang kita lihat bagaimana metode ust Yusuf Mansur dalam menghafal al-Qur'an.

Tips Menghafal Al-Qur'an Metode Ust. Yusuf Mansur

1. Jangan ganti-ganti mushaf
Dalam menghafal al-Qur'an kita sebaiknya jangan menggonta ganti mushaf, karena menghafal ini sama dengan memotret gambar aqur'an dalam memory otak kita, setiap al-qur'an berbeda-beda letak kalimatnya dan ayat jadi gunakan selalu mushaf yang sama.
Tips Menghafal Al-Qur'an
2. Satu ayat/satu baris diulang-ulang sebanyak 20 kali
Dalam menghafal al-qur'an setiap ayat diulang-ulang sebanyak 20 kali, atau kalau ayatnya panjang anda bisa membagikan kedalam beberapa bagian dan ulang-ulang sebanyak 20 kali. Walaupun anda merasa sudah bisa di kali yang ke 13, tetap anda harus mengulangnya hingga 20 kali.

Itulah metode menghafal al-QUR'AN DENGAN CEPAT ala Ust. yususf Mansur. Yang penting dalam menghafal al-qur'an adalah kebersamaan kitta bersama al-qur'an bukan masalah cepat tidaknya kita menghafal. Yang penting (kita ulang) kebersamaan kita dengan al-qur'an, kita berusaha sebaik mungkin dalam menghafal, dan hasilnya biarlah Allah yang menentukan. Keep spirit ya akhi.