6 Macam Anti Oksidan yang Perlu Diketahui

Anti Oksidan yang Perlu Diketahui - Anti oksidan adalah zat alami yang mampu memperlambat proses oksidasi dalam tubuh sehingga tubuh awet muda. BIsa juga dikatakan bahwa anti oksidan adalah senyawa-senyawa yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari dampak berbahaya radikal bebas. Dalam kehidupan modern dan semakin dinamis ini seseorang harus memperhatikan diet yang sehat dan olehraga yang tepat untuk tetap bisa mempertahankan kebugaran tubuh.

macam-macam anti oksidan
Para ahli kesehatan mengatakan bahwa seseorang akan tetap sehat dan fit kalau tubuhnya mengonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan dengan jumlah yang cukup. Maka untuk itu perlu diketahui apa saja bentuk anti oksidan dan macam-macam anti oksidan serta dimana bisa diperdapatkan. Biasanya anti oksidan banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran, kini banyak juga kapsul dan suplemen yang dibuat untuk memenuhi anti oksidan. Untuk lebih jelas, berikut kami paparkan macam-macam anti oksidan.

1. Alfa-karoten
Alfa karoten atau alpha carotene merupakan senyawa yang bisa dikonversi menjadi vitamin A jika memang dibutuhkan oleh tubuh. Anti oksidan alfa-karoten ini sangat bermanfaat untuk melindungi hati, kulit, mata dan paru-paru. Alfa karoten bisa diperdapatkan dalam makanan seperti labu, wortel.

2. Beta Karoten (beta-carotene)
Ini adalah bentuk dan model anti oksidan yang sangat terkenal dan sering kita dengar. Beta karoten ini bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, menjaga arteriosklerosis, mencegah serangan jantung dan stroke. Anti oksidan beta karoten sama juga dengan alfa karoten sama-sama bisa diubah oleh tubuh menjadi vitamin A jika dibutuhkan.

Beta karoten bisa didapatkan dalam sayuran seperti aprikot, melon, wortel, buah persik, bayam, brokoli, dan mangga. Tunggu apa lagi, segera galakkan makanan sehat ini.

3. Cryptoxanthin
Bentuk lain dari anti oksidan adlaah Cryptoxanthin. Cryptoxanthin juga diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Menurut penelitian bahwa darah wanita mengandung anti oksidan Cryptoxanthin lebih banyak ketimbang dari pria. Anti oksidan ini bermanfaat untuk mencegah kanker serviks.

Kita sering mendengar merokok sangat buruk bagi pria, lebih-lebih wanita, ini karena kandungan Cryptoxanthin bisa menurun akibat merokok. Anda bisa mendapatkan anti oksidan Cryptoxanthin dalam buah peach, pepaya, dan jeruk.

4. Likopen atau lycopene
Likopen adalah anti oksidan yang dianggap lebih kuat ketimbang beta karoten, tetapi likopen ini tidak di ubah menjadi vitamin A sebagaimana anti oksidan lainnya. Sumber likopen adalah buah yang berwarna merah seperti buah tomat, semangka.

Likopen yang lebih tinggi didapatkan dalam darah orang yang lebih muda, sementara likopen dengan jumlah rendah didapatkan dalam darah orang tua.

5. Lutein
Selanjutnya yang menjadi anti oksidan adalah lutein. Lutein andalah anti oksidan yang sangat berpengaruh terhadap mata. Kekurangan lutein bisa menyebabkan kebutaan pada orang dewasa. Untuk mengatasi masalah mata anda harus mengkonsumsi cukup lutein.

Sumber lutein adalah sayuran hijau seperti kangkung, bayam.

6. Zeaxathin
Yang terakhir adalah Zeaxathin. Zeaxathin adalah anti oksidan yang melindungi mata dari dampak negatif radikal bebas. Selain melindungi mata Zeaxathin juga memproteksi tubuh dari serangan sel tumor. Untuk memperoleh anti oksidan jenis ini anda harus mengkonsumsi cuku sayuran-sayuran seperti bayam, bit hijau, daun sawi putih, dan selada air.
Baca juga: Makanan yang mengandung beta karoten
Demikianlah 6 jenis anti oksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh serta sumber-sumber anti oksidannya. Semoga saja artikel singkat ini bisa menambahkan ilmu pengetahuan kita untuk bisa hidup lebih sehat dan segar.