Mengenal Manfaat Likopen untuk Kesehatan

Manfaat Likopen untuk Kesehatan - Tahukah anda apa itu likopen? likopen adalah senyawa yang terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Senyawa likopen bertanggung jawab untuk memberikan warna merah pada buah-buahan seperti semangka, jeruk, dan juga pada sayuran seperti tomat dll. Lantas apa saja manfaat likopen bagi kesehatan manusia?

Manfaat Likopen untuk Kesehatan
Likopen adalah anti oksidan kuat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Anti oksidan mampu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Berarti likopen juga berperan dalam memproteksi tubuh terhadap serangan tumor, kanker dan stroke. Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa pria yang memiliki konsentrasi likopen tinggi dalam tubuhnya memiliki lebih rendah resiko terhadap kanker.

Manfaat likopen untuk kesehatan tubuh

Untuk lebih jelas lagi, berikut kami ulas manfaat likopen.

1. Menjaga tubuh awet muda
Likopen dalam sayur atau buah-buahan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Likopen akan melindungi kulit dari pembakaran sinar ultra violet sehingga kulit akan tetap sehat dan awet.

2. Mencegah katarak
Likopen sama dengan beta-karoten yang memainkan peran dalam menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi likopen dalam kadar cukup akan sangat bagus dalam menjaga kesehatan mata, karena likopen bisa bermanfaat mencegah terjadinya katarak.

3. Diabetes
Likopen bermanfaat bagi pasien dalam mencegah masalah gula darah

4. Mencegah penyakit ginjal
Manfaat lain dari likopen adalah mencegah terjadinya penyakit ginjal, dan meregenerasi sel-sel tubuh yang telah tua, sehingga kulit akan kelihatan muda.

Sumber-suber Likopen

Lantas dimana kita bisa memperoleh likopen? likopen bisa diperdapatkan dalam buah-buahan seperti buah berwarna merah seperti yang sudah kita jelaskan diatas. Bukan hanya dalam buah, likopen juga diperdapatkan dalam tomat dan dalam semua produk dari tomat, seperti jus tomat, saus tomat, saus spaghetti, saus pizza dll.
Baca juga; Macam-macam anti oksidan
Sekarang sumber likopen juga sudah dibuat dalam vitamin, atau dalam suplement-suplement yang tersedia di apotik terdekat. Kalau anda ingin mengkonsumsi suplemen likopen, sebaiknya baca aturan pakainya atau konsultasi dengan kedokter anda.