Cara Memelihara Ikan Mas dalam Drum

Cara Memelihara Ikan Mas dalam Drum - Salah satu cara meningkatkan pendapatan dan ekonomi keluarga adalah dengan membangun usaha kecil-kecilan dirumah sendiri, misalnya memelihara ikan. Memelihara ikan yang kami maksud adalah ikan mas. Ikan selain sebagai sumber pendapatan tambahan bagi keluarga juga menjadi pemenuhan gizi keluarga yaitu pemenuhan protein hewani. Anda jangan takut dalam memasarkan ikan mas, karena ikan jenis ini sangat mudah laku untuk dipasarkan. Selain mudah dalam mencari pembeli, ikan mas juga sangat mudah dalam memelihara dan membudidayakannya. Beda dengan memelihara hewan lain seperti ayam atau kambing yang terlalu repot dan bahkan memberikan efek kotor.

Cara Memelihara Ikan Mas
Cara Memelihara Ikan Mas dalam Drum
Ikan mas, dengan mengetahui cara memelihara ikan mas, maka ikan ini bisa dikembangkan dimana saja, tiperlu kadang, anda bisa memelihara ikan mas dihalaman rumah atau didalam drum sekalipun. Dalam drum ikan mas bisa juga dibesarkan dan ternah serta menghasilkan banyak keuntungan. Tetapi dalam membudidayakan ikan mas ada tempat yang memang snagat baik dan mendukung untuk pemeliharaan ikan mas, terutama pada daerha yang rendah hingga sampai 1.000 m dari permukaan laut, dengan suhu optimum 20 – 25 ÂșC dan pH (derajat keasaman) air 7 – 8.

Tips memelihara ikan mas adalah harus menyediakan tempat bseperti pada tempat ia hidup secara alami, misalnya dalam sungai yang mengalir. Jadi anda bisa membudidayakan ikan mas dengan membuat keramba dalam sungai yang mengalir atau dalam kolam ikan yang airnya mengalir, artinya ada air yang keluar masuk sehingga ikan mas akan hidup layaknya dalam habitatnya yang asli. Bagi anda yang ingin memelihara ikan mas dalam drum, anda harus mengubah drum tersebut menjadi seperti tempat hidup ikan mas, yaitu ada air yang keluar masuknya.

Lantas bagaimana mengubah drum menjadi tempat pemeliharaan ikan? Bagi anda yang ingin memelihara ikan mas dalam drum, siapkan drum baik drum plastik atau drum besi yang tidak berkarat. Kemudian lubangi bagian bawah drum (tepat dibagian bawah) kemudian sambung dengan pipa atau paralon dibagian bawah drum yang telah dilubangi. Ini berfungsi untuk membuang atau mengubah air yang tergenang atau kotoran yang menegndap didasar drum. Kemudian, naikkan ujung pipa sejajar dengan tinggi air dalam drum. Air buangan dari pipa tersebut ditampung dalam wadah seperti ember.

Cara mengubah drum agar seperti kolom asli yang deras aliran airnya, maka kita perlu pompa (pompa seperti yang biasa digunakan dalam akuarium ikan hias) untuk memompa air agar selalu mengalir dengan deras. Semburan air dari pompa diarah ke dinding drum agar airnya memusing dan memutar sehingga kotoran akan menumpuk pada bagian tengah drum dan kemudian akan dibuang melalui pipa pembungan yang kemudian disaring, setelah disaring air tersebut akan kembali dipompa oleh pompa untuk masuk kembali kedalam drum sehinga anda akan menghemat air dan terjadi pembuangan air. Untuk lebih jelas tentang drum yang digunakan untuk memelihara ikan mas, lihat gambar dibawah ini.
Cara Memelihara Ikan Mas dalam Drum
Drum tempat memelihara ikan mas serta pompa air
Langkah selanjutnya adalah masukkan benih ikan mas, jumlah ikan mas disesuaikan dengan ukuran drum yang digunakan. Sementara makanan ikan mas dalam drum sama saja dengan makanan ikan dalam kolam. Yang terpenting adalah makanan ikan mas mengandung 40% protein. Jumlah makanan ikan Mas disesuaikan dengan jumlah ikan dalam drum. Untuk makanan berbentuk pellet diberikan setiap hari sebanyak 3 – 5 % berat ikan. Kalau berat seluruh ikan dalam drum anda adalah 450 gram, maka makanan per harinya adalah 13,5 – 22,5 gram, makanan ini dapat dibagi dua kali pemberian, yaitu pagi dan sore.

Demikianlah secara singkat cara memelihara ikan mas dalam drum, diharapkan cara ini bisa menanggulangi dan mengatasi masalah kecilnya lahan atau terbatasnya tanah sebagai kolam ikan Mas. Dengan cara sederhana ini ikan mas juga bisa menghasilkan banyak keuntungan bagi keluarga yaitu menjadi ladang bisnis atau penambahan pendapatan ekonomi keluarga.

Baca juga cara memelihara ikan cupang hias