Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Belajar dan Bekerja

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Belajar dan Bekerja - Kegiatan yang penuh dan padat seringkali membuat kita lelah dan bekerja mati-matian untuk menyelesaikannya, sehingga banyak waktu istirahat kita yang tersita, akibatnya keesokan harinya kita akan mudah nagntuk saat belajar atau bekerja. Jadi bagaimana cara mengakali dan mengatasi rasa ngantuk yang berlebihan, ketika anda butuh waktu lebih banyak untuk bekerja.

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk
Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Belajar dan Bekerja

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Belajar

Sebelum kita membahas tentang cara mengusir rasa ngantuk saat belajar atau bekerja terlebih dahulu kita perlu tahu kenapa terjadi ngantuk dan apa penyebab terjadinya ngantuk.

Penyebab terjadinya nganutk bisa bermacam-macam, sebagaimana yang dikutip dari inkesehatan, berikut ada 3 penyebab terjadinya ngantuk.

1. Jarang olahraga
KUrang olahraga bisa menyebabkan tubuh loyo, sehingga mudah terjadi ngantuk. Jadi untuka mengusir rasa ngantuk dalam bekerja dan belajar, berolahragalah secara rutin setiap hari. Berolah bisa dengan santai atau berat, tetapi lakukan dengan optimal. Artinya berolahragalah dengan rutin dan teratur, jangan berolahraga secara tidak sehat atau tidak rutin, karena justru akan memberikan rasa ngantuk kepada anda akibat letih berolah raga.

2. Gejala Anemia
Mengantuk juga bisa disebabkan oleh gejala penyakit anemia. Anemia adalah penyakit yang menunjukkan kekurangan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah akan mengganggu aktivitas penyaluran oksigen keseluruh tubuh untuk menghasilkan energi yang baik. Tetapi untuk mengetahui gejala anemia kita harus memeriksa darah. Kalau darah kita sehat, mungkin ngantuk bisa disebabkan karena kurang tidur atau terlalu lelah yang menguras banyak energi.

3. Gejala prediabetes
Penyebab ngantuk lainnya yaitu adanya gejala prediabetes, sebagaimana yang disampaikan oleh dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin dari Divisi Metabolik Endokrin RSCM. Prediabetes adalah keadaan dimana hormon insulin berlebihan setelah makan, sehingga mengalami penurunan gula darah secara drastis. Coba amati gejala prediabetes seperti mudah haus, sering buang air kecil. Kalau anda mendapatkan tanda-tanda ini segera hubungi dokter, karena prediabetes kalau dibiarkan juga bisa menjadi diabetes.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Belajar dan Bekerja

OK, setelah kita tahu penyebab ngantuk, sekarang lihat bagaimana saja cara yang bisa kita tempuh untuk mengatasi rasa ngantuk ketika bekerja atau belajar.

1. Beranjak dari tempat belajar
Beranjak disini maksudnya adalah jalan-jala sebentar keluar ketika anda merasa ngantuk menyerang anda. Belajar dalam ruangan, didean laptop, atau dalam ruangan ber AC, tentu akan cepat memberikan ngantuk kepada anda. Jadi jalan-jalanlah keluar sebentar dan lihat-lihat suasana diluar, refresh kepala anda sebentar dan setelah ok, anda bisa kembali ketempat belajar.

2. Olahraga ringan
Jangan menganggap sepele olahraga. Olah sangat penting untuk kesehatan, walaupun dikantor anda tetap bisa berolah raga ringan. MIsalnya jalan keluar atau membeli nasi dengan jalan kaki. Rasa ngantuk yang menyerang anda ketika bekerja bisa anda atasi dengan cara demikian, atau anda bisa juga berlari-lari naik turun tangga. Lakukan hingga anda berkeringat dan rasa ngantuk anda hilang.

3. Ngemil saat bekerja
Kalau anda sering ngantuk saat bekerja atau belajar coba cara ini, siapkan snak dan ngemillah sedikit demi sedikit. Tetapi nada harus memperhatikan ngemil anda, carilah ngemil yang sehat, yaitu makanan ringan seperti kacang, jangan ngemil makanan yang manis-manis karena tidak baik untuk kesehatan. Atau anda negemil dengan buah-buahan seperti apel, buah yang asam juga bisa membuat mata anda terbelalak dan ngantuk anda minggat.

4. Pacu adrenalin anda
Kalau anda masih nagntuk juga setelah mencoba berbagai hal diatas, coba lah tips kuno ini yaitu memacu adrenalin anda. Coba tonton film atau trailer film yang menegangkan untuk waktu sejenak, seperti film action, horror atau film menegangkan lainnya.

5. Menggunakan wani-wangian
Tetapi perhatikan wangian anda, jangan menggunakan wangian levender, karena akan membuat anda semakin ngantuk. Gunakan wangian lainnya dipergelangan atau di bawang hidung anda.

Inilah beberapa cara mengatasi rasa ngantuk ketika belajar dan bekerja. Kalau anda diserang rasa kantuk jangan sungkan untuk sempatkan sedikit waktu anda untuk melakukan hal-hal kecil seperti di atas. Salam super