Cara Menghilangkan Ketombe Kucing Siam

Cara Menghilangkan Ketombe Kucing Siam - Banyak orang yang menyukai kucing siam karena keindahan bulunya dan kemampuan bersuara dengan aneka ragam suara. Disamping itu, kucing siam memiliki bulu yang indah, dan matanya yang biru.

Disamping itu, kucing siam juga sama dengan kucing lainnya yaitu bermasalah dengan kulitnya yang berketombe, maka dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara menghilangkan ketombe kucing siam. Sementara untuk merawat bulu kucing siam telah saya jelaskan di Cara Merawat Bulu Kucing Siam, silakan anda rujuk.

Menghilangkan Ketombe Kucing Siam
Diet dan sinar matahari menjadi tersangka dalam menyebabkan ketombe pada kucing siam. Untuk menghilangkan ketombe pada kucing siam ini dibutuhkan kerja keras anda untuk menjaga kebersihan kucing siam dan dibutuhkan pemberian nutrisi yang mencukupi untuk tetap menjaga kesehatan kulitnya. Berkut tips dan cara menghilangkan ketombe pada kucing siam.

Cara Menghilangkan Ketombe Kucing Siam

  1. Sisir bulu kucing menggunakan sisir kutu atau jari anda untuk mendapatkan kutu-kutu yang berada pada kucing, kutu sangat mengganggu pada kucing bahkan bisa merusak kulit kucing sehingga timbul ketombe
  2. Sisir bulu kucing di luar atau tempat yang jauh dari rumah anda, agar kutu-kutu benar-benar hilang dan tidak kembali lagi.
  3. Beli makanan khusus yang disediakan untuk kucing siam, Kekurangan nutrisi kucing bisa menyebabkan kerusakan pada kulit kucing siam. Banyak makanan yang disediakan dalam paket murah, tetapi tidak mencukupi cukup nutrisi yang dibuthkan oleh tulang, otot, dan bulu kucing siam (jangan beli makanan ini)
  4. Suplement minyak ikan juga bagus anda berikan pada diet kucing siam anda. Pemberian minyak ikan pada kucing bisa meningkatkan metabolisme lemak dalam jaringan kulit kucing siam. Berkan 1/3 kapsul minyak ikan dalam makanan kucing untuk setiap harinya.
  5. Buat kucing siam anda tinggal lebih banyak tinggal dalam ruangan, ini bertujuan untuk menjauhi paparan sinar matahari dan susana dingin diluar. Keadaan dingin dan matahari ini bisa memperburuk kesehatan kulit kucing siam anda.
  6. Mandikan kucing siam dengan shampoo khusus yang diproduksi untuk mencegah ketombe pada hewan peliharaan seperti kucing siam. Kalau kucing anda banyak ketombenya, mandikan dengan shampoo ketombe 1-2 kali dalam seminggu sampai ketombe kucing anda hilang.
  7. Bawakan kucing anda ke dokter hewan untuk memastikan bahwa tidak ada masalah kesehatan kulit atau kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan ketombe.
Demikianlah cara menghilangkan ketombe pada kucing siam kesayangan anda. Jaga selalu kucing anda dari serangan penyakit terhadap dirnya dan serangan alergi kucing pada anda atau pemiliknya.