7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes

7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes - Akhir-akhir ini diabetes adalah penyakit yang sangat menakutkan, sangat banyak penderita diabetes yang akhirnya tutup usia karena tidak bisa diobati dengan sembuh. Maka pengetahuan medis tentang cara mencegah diabetes sangat penting sekali untuk diketahui, sama halnya dengan penyakit lainnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati.


Salah satu hal penting yang harus selalu diperhatikan seseorang dalam menjaga kesehatan agar jauh dari diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula dalam darah atau dengan mengontrol berat badan. Jadi, saya merasa bahwa artikel ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat secara umum, sehingga kita bisa mencegah penyakit ini tanpa harus mengobatinya. Berikut kita akan melihat 7 cara sederhana dalam mencegah penyakit diabetes, yang semua ini bisa kita lakukan.

7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes

  1. Mempertahankan berat badan. Banyak penderita diabetes yang didagnosis ternyata merekan menderita kelebihan berat badan, kelebihan berat badan ideal atau kelebihan lemak tubuh bisa meningkatkan resiko diabetes. Anda penting untuk mengetahui cara menghilangkan lemak perut dengan mudah dan sederhana.
  2. Mengetahui Riwayat Kesehatan Keluarga. Penyakit diabetes ini sama seperti penyakit ambien dan hepatitis, yaitu penyakit yang memiliki resiko karena riwayat kesehatan keluarga. Kalau dalam keluarga kita ada seseorang atau beberapa orang yang terkena diabetes, maka kemungkinan kita terhadap resiko diabetes lebih besar, maka segera ketahui riwayat kesehatan keluarga agar kita bisa sejak dini mencegah penyakit diabetes.
  3. Olahraga teratur. Gerak fisik yang aktif sangat penting dalam mencegah penyakit diabetes, dengan gerak tubuh yang selalu aktif maka kita akan bisa merngontrol berat badan dan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh, sehingga akan mudah bagi kita dalam menjaga kesehatan, terutama menghindari kemungkinan resiko diabetes.
  4. Pola makan yang sehat, seimbang, rendah lemak. Diabetes adalah penyakit dimana penderitanya tidak bisa memanfaatkan insulin dalam tubuh untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga gula akan bertumpuk-tumpuk dalam darah (inilah yang disebut dengan guyla darah), Maka penderita diabetes dianjurkan untuk membatasi dalam mengkonsumsi gula dan karbohidrat.
  5. Pemeriksaan Kesehatan. Kalau anda berumur 45 tahu keatas, maka wajib bagi anda untuk memeriksa kesehatan dan kadar gula darah secara rutin 3 tahun sekali. Namun demikian kalau anda termasuk kelompok yang beresiko tinggi penyakit diabetes, anda harus melakukan pemeriksaan secara rutin sejak dini (jangan menunggu umur 40 tahun)
  6. Kontrol tekanan darah. Menurut penelitian 73% penderita diabetes ternyata menderita tekanan darah tinggi. Periksa tekanan darah secara teratur agar anda jauh dari diabetes.
  7. Tingkatkan Mengkonsumsi buah-buahan & Sayuran. Zat warna atau Bioflavonoid pada buah-buahan dan sayuran akan merangsang produksi insulin dalam tubuh, ini akan memecah glikasi atau proses pemecahan ikatan melekul glukosa dengan protein sehingga menstimulasi pembentukan advenced glycation end products (AGE).
Demikianlah beberapa cara mencegah penyakit diabetes secara sederhana. Perlu diingat bahwa penyakit ini bisa di protect sejak dini, maka perhatikanlah caranya dan cegah sesegera mungkin terhadap resiko penyakit diabetes ini. Semoga artike ini bermanfaat untuk semuanya.