Segudang Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan - Jeruk nipis dengan bentuk yang bulat kecil-kecil seukuran bola pimpong, ternyata mengandung segudan manfaat untuk kesehatan. Ada banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan bahan alami jeruk nipis. Buah yang sering menjadi asam atau bumbu untuk menghilangkan rasa amis pada ikan ini ternyata mengandung berbagai zat yang luar biasa didalamnya sehingga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Jeruk nipis bisa menjadi solusi dalam menangkal penyakit berat, ringan, luar atau penyakit bagian dalam.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan
Gambar jeruk nipis muda, lemon
Jeruk nipis sehingga dinobatkan sebagai buah yang mempunyai segudang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan karena memang didalamnya mengandung zat-zat seperti minyak limonene dan linalool, flavonoid, poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Semenatara buah jeruk nipis yang telah masak mengandung synephrine dan N-methyltyramine, asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, vitamin B1, serta vitamin C. Berikut kita lihat manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang mungkin belum anda dengar.

Manfaat jeruk nipis untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan tekanan darah tinggi
Buah jeruk nipis dan daunnya bisa menjadi obat dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya yaitu ambil 20 kuntum bunga jeruk nipis atau 30 lembar jeruk nipis, kemudian cuci bersih dan beri perasan jeruk nipis dari 2 buah jeruk nipis. Kemudian tambahkan air kedalamnya 3 gelas dan rebus semua bahan tersebut dalam 3 gelas air tadi, tunggu mendidih dan biarkan air susut dan tingga 2 1/4 gelas. Ketika sudah dingin ambil air dan minum 3 kali sehari 3/4 gelas. Lebih baik lagi kalau titambahkan madu.

2. Jeruk Nipis Menambah Stamina
Untuk kebutuhan menambah stamina, bisa anda gunakan 1 buah jeruk nipis ambil perasannya dan campurkan dengan satu butir ayam kampung, dan tambahkan sedikit gula merah. Aduk merata dan minum. Lakukan cara ini 1 sekali dalam seminggu.

3. Melangsingkan badan
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang lainnya yaitu bisa melangsingkan badan sehingga terhindari dari obesitas atau lebarnya lingkaran perut. Cara melangsingkan badan yaitu dengan cara mencampur satu perasan jeruk nipis kedalam secangkir teh hijau. dan minum air teh ini setiap pagi dan sore. Lakukan secara teratur setiap harinya.

4. Mengobati demam panas Malaria
Untuk mengobati penyakit malaria atau demam panas saat malaria, ambil 3 daun jeruk dan daun kendal (Cordia obliqua Willd), 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl). Rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai airnya tersisa satu gelas saja. Setelah dingin, airnya disaring dan dibagi dalam dua bagian, kemudian inum pagi dan sore.

5. Menyembuhkan jerawat
Untuk menyembuhkan jerawat anda bisa mengambil satu jeruk nipis dan belah belah kemudian gosokkan pada kulit yang berjerawat.
Baca juga: Manfaat buah jeruk bali atau buah pamelo
6. Menyembuhkan rambut rontok dan ketombe
Manfaat kesehatan jeruk nipis lainnya yaitu bisa mengobati kerontokan rambut dan rambut berketombe. Ambil dua buah jeruk nipis dan belah menjadi tiga bagian tiap satu jeruk, kemudian usapkan ke kulit kepala sampai merata, selanjutnya bgungkus kepala anda dengan handuk hingga semalaman.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang patut anda coba. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari buah yang bulat-bulat dan memiliki rasa asam ini, namun karena tidak cukup waktu maka insya Allah akan kita sharing dikesempatan lainnya. Semoga bermanfaat.