Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

icaraku - Kali ini topik kita adalah Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, mengingat sangat banyak orang yang mengabaikan kesehatannya ketika datangnya musim penghujan. Padahal ketika musim hujan seringkali dayan tahan tubuh menurun sehingga bisa terjadi berbagai penyakit yang tak di inginkan, seperti flu atau kutu air. Jadi ketika musim hujan kita perlu lebih wasapada terhadap kesehatan agar bisa terhindar dari berbagai efek buruk musim hujan.

Menjaga Kesehatan di Musim Hujan
Berikut kami sajikan beberapa tips dalam menjaga kesehatan di musim hujan, semoga saja kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang sering muncul di musim hujan. Bagaimana tipsnya, Mari kita simak yang berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan dalam Musim Hujan

1. Sempatkan Olahraga
Agar tubuh tetap fit anda diharapkan bisa menyempatkan waktu olahraga setiap minggunya, olah raga bisa macam-macam, seperti jalan kaki, senam ringan yang anda lakukan dirumah anda, lari pagi, atau jogging diwaktu sore. Diharapkan dengan olahraga tubuh menjadi sehat sehingga tahan terhadap berbagai virus yang mengintai.

2. Perhatikan makanan
Dimusim dingin atau musim hujan biasanya nafsu makan meningkat, anda harus tetap makan dalam porsi seimbang, tidak perlu anda tambahkan porsi karena hujan, makan banyak bisa menyebakan lelahnya sistem pencernaan sehingga anda mudah diserang penyakit. Disamping itu, konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan yang mengandung vitamin C agar tubuh tetap terjaga kekebalannya.

3. Mencuci tangan sebelum makan
Banyak sekali penyakit yang masuk ketubuh adalah melalui tangan, mungkin mencuci tangan adalah sepele bagi anda, tetapi ingat bahwa tangan yang kotor adalah tempat penyakit bersarang.

4. Tidak sering menyentuh wajah
Virus penyakit acapkali masih kedalam tubuh melalui wajah, bisa melalui hidung, mata atau melalu mulut, jadi jangan sering menyentuh wajah diwaktu hujan kecuali kalau tangan anda bersih.

5. Jangan mandi hujan
AIr hujan bisa melemahkan kekebalan tubuh, apalagi kalau hujannya adalah hujan pertama kali terjadi setelah sekian lama tidak hujan. Hujan ini bisa membawa berbagai virus penyakit yang terawang-awang diudara.

Solusinya adalah pakai payung ketika hendak keluar dimusim hujan, ata gunakan jas hujan kalau anda keluar ketika cuaca akan hujan.

6. Minum banyak air putih
Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan air dalam tubuh bisa mengakibatkan segala proses dalam tubuh terhambat. Jadi minum banyak iar putih, karena air juga merupakan alat untuk membuang racun dalam tubuh.

Inilah 6 tips menjaga kesehatan dimusim hujan agar tetap sehat dan tubuh anda nyaman. Perhatikan kesehatan, karena hal-hal kecil saja dimusim hujan bisa mengakibatkan penyakit dan membuat anda harus tidur dan diam diri dirumah dengan penyakit anda. Waspada selalu cuaca buruk untuk kesehatan.