Cara Mengatasi Flu, Pilek Secara Alami

Cara Mengatasi Flu, Pilek Secara Alami - Flu adalah gejala penyakit pernapasan yang yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, kerongkongan, paru-paru. Flu atau influenza bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit ini bisa menyerang dan menular lewat udara atau lewat bersentuhan langsung seperti berbagi minuman, makanan atau bercumbu.

Cara Mengatasi Flu

Cara Mengatasi Flu, Pilek Secara Alami

Sebelum kita melihat cara mengatasi penyakit flu secara alami terlebih dahulu kita lihat penyebab terjadinya penyakit ini. Flu disebabkan oleh virus yang bernama RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza). Sementara yang terjadi seperti badan lemas menggil, nyeri tenggorokan, demam, keluar ingus dan rasa tidak nyaman secara umum.

Lantas bagaimana cara mengatasi penyakit flu dan cara mengobatinya. Berikut kita lihat cara alami mengobati penyakit influenza atau flu.

1. Perbanyak minum air putih
Air putih selalu menjadi primadona dalam kesehatan, sangat banyak penyakit yang terjadi karena kekurangan mengkonsumsi air putih. Untuk menjaga tenggorokan tetap bersih dari virus dianjurkan untuk tetap memperbanyak minum air putih.

2. Minum air hangat
Selain air putih, yang sangat membantu dalam mengatasi flu adalkah air hangat, air hangat disamping bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi, juga bisa mencegah terjadi hidung mampet dan mencegah gangguan tenggorokan, dan juga bisa mencegah produksi lendir dalma hidung.

3. Istirahat total.
Tubuh yang capek dan lelah akan sangat mudah dihinggapi virus, ketika anda diserang flu artinya kekebalan tubuh anda sedang melemah dan anda butuh istirahat total untuk kembali memulihkan tubuh dan menguatkan sistem pertahan tubuh anda.

4. Menggunakan aroma bawang
Bawang selain bermanfaat untuk rempah didapur juga bisa bermanfaat untuk mengatasi flu. Hancurkan ujung bawang dan hirup aroma bawang, bisa bawang putih atau bawang merah. Hirup aromanya sekitar 5 menit dan rasakan bedanya.

5. Berkumur-kumur
Berkumur juga bisa menjadi alternatif dalam mengatasi flu, ketika berkumur virus jahat penyabab flu yang berada dalam mulut bisa diatasi, berkumurlah dengan menggunakan air hangat bercampur garam, atau cuka apel, jahe agar hasilnya maksimal.

6. Campuran Madu dan Jahe
Madu merupakan hasil alam yang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia. Mulai dari kesehatan sampai ke kecantikan, madu sellau menjadi primadonanya. Begitu juga ketika sakit kepala menyerang anda atau pilek atau flu, madu bisa menjadi obat penangkal flu anda. Ambil satu ruas jahe dan parut kemudian campurkan dengan madu dan makan setiap hari, insya Allah akan cepat minggat.

Itulah beberapa cara tradisional mengatasi flu dan pilek, Kalau anda seang menderita flu, maka segera lakukan penangan dengan bahan-bahan alami diatas, kalau sakit anda bertambah parah hubungi dokter. Semoga saja bermanfaat dan anda cepat sembuh.

Baca juga: Cara ampuh menyembuhkan gigi berlubang