Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan - Kacang tanah adalah biji-bijian yang mengandung lemak baik, yaitu lemak yang menurunkan kolesterol sehingga bisa membuat kita terhindar dari resiko penyakit jantung. Kacang tanah tidak hanya bermanfaat untuk mengenyangkan tetapi tersimpan begitu banyak manfaat lain untuk kesehatan manusia.

Manfaat Kacang Tanah
Mengkonsumsi kacang tanah dalam kadar yang banyak bisa menyebabkan jerawat pada sebahagian orang, disamping itu kacang tanah memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, diantaranya yaitu:

Kacang tanah mengandung sejumlah zat yang dibutuhkan tubuh seperti lemak, protein, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan lemak dalam kacang tanah lebih banyak dibandingkan lemak dalam kedelai, daging merah atau dalam soya.

Kacang tanah juga bermanfaat untuk melancarkan usus karena mengandung banyak serat dan bisa juga berfungsi untuk mencegah kanker usus dan mencegah pembentukan batu empedu. Kacang sangat bagus untuk mencegah resiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.
Baca juga: Manfaat mentimun untuk asam lambung
Kacang tanah dikenal sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi tubuh karena mengandung sejumlah folat niasin, mangan, protein, serta vitamin E yang melimpah. Disamping itu, kacang tanah juga sangat bagus sebagai bahan makanan pencegah osteoporosis dimasa depan, karena banyak mengandung vitamin D dan kalsium.

Namun demiakian, untuk sejumlah orang dengan beberapa jenis penyakit seperti kanker payudara, dan mempunyai masalah jerawat sebaiknya tidak mengkonsumsi kacang tanah, karena lemak dalam kacang tanah bisa memperparah penyakit tersebut.