Cara Perawatan Rambut Kering yang Tepat

Cara Perawatan Rambut Kering yang Tepat - Rambut kering adalah jenis rambut yang tubuh tidak sehat, akibat dari bermacam-macam faktor. Rambut kering bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi rambut dan juga bisa disebabkan oleh salah dalam perawatan rambut. Rambut kering sungguh menjengkelkan, karena rambut adalah mahkoto wanita, sementara rambut kering akan kelihatan tidak bagus dan tidak sehat serta mengembang di atas kepala anda. Bayangkan, sungguh menjengkelkan

Cara Perawatan Rambut Kering
Ilustrasi rambut kering.
Selain faktor di atas, ada banyak faktor lain yang menyebabkan rambut kering. Dalam artikel cara perawatan rambut kering ini kami akan memberikan beberapa faktor yang bisa menyebabkan rambut kering, yaitu:

Faktor Penyebab Rambut Kering

  1. Kalau anda terlalu sering keramas, maka rambut malah bisa menjadi kering. Begitu juga kalau anda jarang sekali keramas, ini juga bisa menyebabkan rambut kering.
  2. Terjadinya perubahan hormon yang tidak normal pada kulit kepala anda.
  3. Kuatnya rambut anda terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama, akibat dari radiasi UV juga membuat rambut anda kering
  4. Pengunaan hair dryer yang salah. Hair dyer bisa membuat rambut anda kering kerontang kalau anda salah menggunakannya. Cara Salah menggunakan hair dryer misalnya terlalu dekat alat ini dengan rambut, atau anda menggunakan suhu yang terlalu tinggi. Hati-hati dengan teknologi.
  5. Sering mandi air panas, atau terkena klorin yang ada dalam kolam renang
  6. Sering menggunakan bahan kimia dalam merawat rambut anda
  7. Mengunakan shampoo yang tidak sesuai dengan rambut anda
Demikianlah beberapa faktor yang sering menyebabkan rambut kering. Kalau rambut kering tidak dirawat dengan cara perawatan rabut kering yang tepat, maka rambut anda bisa rontok dan lama kelamaan menjadi botak. So, berhati-hatilah dalam merawat rambut dan segera merawat rambut kering anda dengan tepat untuk memperoleh rambut yang sehat bebas dari kerontokan.

Sekarang kita lihat bagaimana cara merawat rambut kering yang tepat. Ini sangat penting sekali bagi anda wanita, khususnya yang sering terjadi dan terkena sebab rambut keirng di atas.

Cara Perawtan Rambut Kering

  1. Memilih shamppo dan kondisioner yang tepat. Salah dalam memilih shampoo anda bisa menyebabkan rambut anda kering, jadi kenalilah shampoo yang cocok dengan anda
  2. Jangan terlalu sering atau terlalu lama berkeramas. Keramas terlalu lama bisa menyebabkan minyak rambut anda bertumpuk dan rambut menjadi kering. Begitu juga kalau terlalu sering keramas, karena akan menyebabkan minyak alami rambut anda terkikis. Durasi keramas yang baik adalah 2-3 hari sekali.
  3. Gunakan jeruk nipis (air jeruk nipis). Air jeruk nipis bisa memberikan minyak pada rmabut sehingga rambut anda kelihatan lembab dan terhindari dari kering. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis secara merata pada rabut dan kulit kepala, pijat lembut kulit kepala anda.
  4. Jangan keramas dengan air panas. Air panas bisa menyebabkan rambut anda kering dan rusak. Ini terjadi karena air panas bisa mengikis nutrisi dan protrein rambut.
  5. Gunakan masker rambut. Masker rambut ada banyak macam seperti masker alpukat untuk rambut dan masker minyak zaitun. Dengan menggunakan masker rambut maka rambut anda akan lembab dan menutrisi sampai ke akar rambut, sehingga rambut anda sehat.
Inilah beberapa cara perawatan rambut kering yang tepat anda lakukan pada rambut anda yang terkesan kering dan mengembang susah di atur. Dengan ketekunan anda melakukan perawatan rambut, maka anda akan kembali mempunyai rambut yang sehat dan indah mempesona.