Cara Merawat Rambut yang Rontok

Cara Merawat Rambut yang Rontok - anda sering bermasalah dengan rambut, rambut anda sering rontok atau sering kusut yang akhirnya mengakibatkan rontok. Rambut adalah mahkota, rambut adalah bagian penting dalam penampilan manusia, jangan biarkan rambut anda berkutu, kkusut atau mengalami kerontokan rambut. Untuk merawat rambut anda dari hal seperti ini, seperti menghilangkan kutu rambut silakan baca artikel saya sebelumnya.

Pada kesempatan ini kita akan berbicara tentang cara merawat rambut yang rontok. Ini penting mengingat kerontokan rambut adalah hal yang sering di alami oleh pria maupun wanita, namun masalah kerotokan rambut lebih banyak di alami oleh wanita ketimbang pria, mungkin perbandingannya adalah 30% di alami oeh wanita dan 16% di alami oleh pria. Sebenarnya banyak faktor yang mendorong terjadinya kerontokan rambut, diataranya adalah: menggunakan pewarna rambut, terlalu sering melakukan perawatan di salon yang menggunakan bahan kimia, model rambut yang sering bergonta-ganti dalam waktu yang telalu cepat dari sebelumnya, ketombe, faktor genetik, faktor psikologis, dsb.

Kerontokan rambut bisa diatasi dengan cara merawat rambut rontok anda, dengan memperhatikan perkembangan rambut dan kesehatan rambut dan.

Cara Merawat Rambut yang Rontok

  1. Jangan Mewarnai Rambut Anda. Jangan mewarnai rambut anda secara berlebihan dengan pewarna kimiawi, karena bahan kimia ini akan mempengaruhi pertumbuhan sel-sel rambut anda dan akhirnya rambut anda akan lemah dan rontok.
  2. Jangan sering menggunakan hair dryer. Ketika anda mengeringkan rambut biarkan rambut anda kering sendiri, jangan menggunakan hair dryer. karena ini akan merusak rambut dan membuat rambut menjadi kering.
  3. Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah. Bila anda memang mempunyai masalah kerontokan rambut, hindarilah menyisir rambut saat rambut masih dalam keadaan basah.
  4. Kalau rambut anda panjang dan tipis, disarankan untuk dipotong pendek dan mengikuti model yang anda sukai dengan keinginan anda. Hal ini guna membantu mencegah dan mengatasi rabut rontok secara berlebihan dan membuat rambut terkesan tebal.
  5. Jangan terlalu sering menggunakan topi, karena menggunaan topi selam 1 hari akan membuat suhu udara di sekitar kepala anda menjadi panas dan sirkulasi udara menjadi terhambat, memungkinkan produksi keringat semakin banyak dan membuat kulit kepala anda semakin tersiksa. Gunakan topi saat hendak berpergian saja untuk menghindari pancaran langsung sinar matahari.
  6. Jika anda sedang dalam program diet. Sebaiknya tetap menjaga asupan makanan dan kebutuhan terhadap keseimbagan nilai gizi untuk tubuh sehingga tubuh tidak kekurangan atau kehilangan sumber gizi penting. Tak hanya tubuh yang membutuhkan protein, vitamin dan komponen nilai gizi lainnya, rambut juga memerlukan hal yang serupa seperti layaknya tubuh.
  7. Cukupi kebutuhan protein tubuh dan rambut. Guna untuk membantu pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak, termasuk rambut. Dengan memenuhi dan mencukupi 1/6 dari total kalori dari makanan seperti daging, ikan, keju, dan kacang. Zat besi juga dibutuhkan untuk menyehatkan rambut dengan mengkonsumsi jenis makanan seperti sereal, kacang polong, ikan, unggas, daging dan sayuran hijau yang baik untuk tetap menjaga kesehatan rambut.
  8. Kalau kerontokan rambut karena faktor keturunan. Coba menggunakan larutan yang mengandung minoxidil yang berfungsi untuk mengembalikan kesuburan rambut, memperlambat dan mencegah kerontokan rambut secara permanen baik untuk pria maupun wanita. Pengobatan dengan larutan minoxidil ini digunakan 2x sehari secara terus menerus karena efeknya akan berkurang setelah pemakaian dihentikan.
  9. Jika masalah kerontokan rambut dirasakan semakin parah, segera konsultasi dengan ahli masalah kerontokan rambut atau dermatologi.
Demikianlah cara merawat rambut yang rotok, semoga membantu anda dalam menjaga kesehatan rambut. Jangan biarkan rambut anda tersiksa, tapi rawatlah, dan perhatikan perkembangannya sehingga setiap masalah yang terjadi bisa anda selesikan dengan baik