7 Cara Mencegah Gusi Berdarah

7 Cara Mencegah Gusi Berdarah - Gusi bisa menjadi organ sensitif bagi sebahagian orang, sehingga gigi akan cepat berdarah walaupun ketika menggosok gigi. Gigi berdarah juga menjadi tanda bahwa anda kurang memperhatikan dan menjaga kesehatan gusi. Gusi yang tidak dihiraukan akan menjadi malapetaka dikemudian harinya, karena ini menjadi bakal atau awal sebab bagi terjadinya penyakit gusi bengkak.

Mencegah Gusi Berdarah
Gusi berdarah juga menjadi kemungkinan bahwa anda dihinggapi penyakit gingivitis atau peridontal gusi. Penyakit gingivitis adalah penyakit peradangan pada gusi dan ini bisa disembuhkan, begitu juga dengan peridontal gusi masih bisa disembuhkan kalau diobati pada tahap awalnya.

Lantas bagaimana cara mencegah gusi berdarah, untuk hal ini faktor penting adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan sebaik-baiknya.

7 Cara Mencegah Gusi Berdarah

  • Sikat gigi setiap hari. Anda setidaknya harus menyikat gigi 2 kali dalam sehari, yaitu waktu mau tidur dan waktu bangun pagi, karena yang idealnya tidak bisa kita lakukan atau sangat susah (menyikat gigi setiap lepas makan). Jangan dajikan alasan bahwa gusi anda berdarah sehingga anda tidak mau menggosok gigi. Semakin anda tidak menggosok gigi maka gusi berdarah akan semakin parah. Jadi gosoklah gigi secara rutin, atau gunakan kayu siwak setiap anda bepergian.
  • Bersihkan gigi dengan benang gigi. Sebagaimana yang telah kita bicarakan pada postingan sebelumnya pada cara mengobati gusi bengkak, gunakan benang gisi untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan, benang gigi bisa menghilangkan plak dan bakteri yang bersembunyi dan bersarang dibalik gigi anda.
  • Minum air putih yang banyak. Kalau anda tidak sempat menggosok gigi, sebaiknya minum air banyak-banyak, ini bertujuan agar gigi anda bersih dari sisa makanan yang nantinya akan menjadi tempat berkumpul bakteri.
  • Gunakan selalu obat kumur. Obat kumur anti septik bisamencegah pluk pada gigi dan bisa membersihkan mulut dari bakteri, maka sediakan selalu obat kumur berkumurlah setiap selesai menggosok gigi.
  • Jangan banyak makan makanan bergula. Makanan bergula bisa memicu terjadinya kebusukan gigi, hindari makanan ini seminimal mungkin.
  • Pakai sikat gigi listrik. Sikat gigi listrik lebih efektik dalam mencegah plak gigi, dan membersihkan sisa makanan. Sikat gigi ini disamping membersihkan gigi juga memijat gusi sehingga lairan darah lebih lancar.
  • Periksa gigi secara teratur. Jangan sungkan berkunjung ke dokter gigi, selalu memeriksa gigi anda setidaknya anda harus membagi waktu dalam setahun 2 kali untuk memeriksa gigi ke dokter.
Demikianlah beberapa tips dan cara mencegah gusi berdarah, tips ini sangat dianjurkan untuk anda amalkan secara rutin, karena kalau hanya anda lakukan sesekali saja, maka ini akan sangat kecil manfaatnya. selamat mencoba, Salam sehat.