8 Cara Mencegah Gingivitis atau Radang Gusi

Mencegah Gingivitis atau Radang Gusi - Radang gusi merupakan pertanda bahwa gusi anda tidak sehat. Kalau keadaan ini tidak segera diobati, maka dikemudian harinya akan muncul masalah yang lebih serius. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena Masalah gingivitis mudah cegah, yaitu dengan menjaga kebersihan mulut setiap harinya dan dengan beberapa cara sederhana lainnya. Mau tahu caranya, berikut cara mudah mencegah gingivitis.

Cara mencegah Gingivitis

1. Menggosok gigi setiap hari
menggosok gigi adalah hal penting dilakukan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Gosoklah gigi anda didekat garis gusi, karena biasanya disitulah tertimbunnya plak yang membuat gusi anda berdarah dan muncul gingivitis. Ingat menggosk gigi harus dengan cara yang benar, kalau belum tahu caranya, baca cara menggosok gigi yang benar.

2. Membersihkan gigi dengan benang gigi
Membersihkan gigi tidak cukup dengan hanya menggunakan sikat gigi, karena pasti akan ada sisa-sisa makanan yang tertinggal didalam sela-sela gigi, jadi disarankan untuk mencegah gingivitis yaitu menggunakan benang gigi untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tersangkut diantara sela-sela gigi anda. Lakukan flossing (penggunaan benang gigi) ini setiap anda selesai menggosok gigi.

3. Gunakan larutan garam
Larutan garam bisa mencegah bakteri menyebar didalam mulut. Gunakan satu sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat, larutkan dan berkumurlah dengan air garam ini selama 30 detik. Ini akan mencegah terjadinya penyebaran bakteri didalam mulut anda.

4. Berkumur dengan obat kumur
Obat kumur seperti Listerine sangat bagus untuk menghindari radang gusi, obat ini akan menghilangkan bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut. Perlu anda tahu bahwa mulut yang berbau adalah salah satu tanda dari adanya radang gusi atau gingivitis. Berkumurlah dengan obat kumur selama 30 detik setiap selesai menggosok gigi. Ini bukan hanya menghilangkan bau mulut tetapi juga memberikan kesegaran pada mulut anda.

5. Berkunjung kedokter gigi
Anda memang bisa membersihkan gigi dirumah, tetapi berkunjung ke dokter gigi juga penting untuk memeriksa kesehatan gigi serta melakukan pembersihan terhadap gigi secara menyeluruh. Berkunjung ke dokter gigi cukup 2 kali dalam setahun atau 6 bulan sekali.

6. Memijat gusi
Sesekali anda juga perlu memijat gusi anda. Caranya yaitu dengan meletakkan ibu jari anda dibagian dalam gigi dan pijat dengan telunjuk anda bagian luarnya. Memijat gigi dengan cara seperti ini bisa meningkatkan ketahan gigi anda karena aliran darah pada gusi menjadi lancar.

7. Berhenti merokok
Anda menderita gingivitis, solusinya adalah berhenti merokok. Jadi, cara lain mencegah gingivitis atau radang gusi adalah dengan tidak merokok, karena merokok bisa menyebabkan bau mulut dan bisa membuat bakteri berkembang didalam mulut anda. So, stop smoking now.

Baca juga: cara mengobati gusi bengkak