9 Cara Alami Mengecilkan Perut Kembung

Cara alami mengecilkan perut kembung - Perut kembung sering kita alami dan sungguh menyiksa, walaupun penyakit ini tidak memberikan efek yang berarti atau kematian tetapi sungguh menyiksa aktivitas sehari-hari. Perut kembung sebenarnya terjadi karena beberapa faktor seperti makanan dan lain-lain. Anda tidak boleh mganggap ini hal yang biasa saja, karena masalah perut yang seperti ini bisa saja menjadi efek dan memberikan gejala bagi penyakit yang lebih berat semisal maag akut.

Cara Alami Mengecilkan Perut Kembung
Faktor penyebab perut kembung adalah makanan yang dikonsumsi mengandung banyak gas seperti nangka, brokoli, durian dll. Perut kembung juga bisa diakibatkan oleh makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Faktor lain yang menunjang terjadinya perut kembung adalah sering kekosongan perut akibat terlambat makan sehingga kerja lambung menjadi sakit, akibat dari problem seperti ini bisa mengakibatkan maag akut yang lebih berbahaya untuk kesehatan. Maka pada kesempatan ini kami dari icaraku.com akam memberikan info tentang cara alami mengecilkan perut kembung.

Cara alami mengecilkan perut kembung

Sebelum kami menjelaskan cara mengetasi masalah perut kembung, ada baiknya terlebih dahulu kita menyarankan pada diri kita masing-masing untuk bisa menerapkan pola hidup sehat yang baik, sehingga berbagai jenis penyakit bisa terminimalisir dalam tubuh kita. Pola hidup sehat atau gaya hidup sehat sangat menentukan tingkat kesehatan seseorang.

1. Membatasi makanan olahan
Makanan olahan atau makanan yang mmengandung karbohidra sederhana bisa memiicu terjadi perut kembung dengan cepat, maka dalam diet anda sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan olahan dan makanan yang mengandung tinggi karbohidrat. Untuk pemenuhan karbohidrat tubuh sebaiknya konsumsi brown rice atau beras beras yang baik untuk kesehatan.

2. Melakukan olahraga ringan
Olahraga tidak harus berat atau sampai mengeluarkan banyak keringat, kalau hanya untuk mengecilkan perut kebung anda bisa melakukan olahraga ringan semisal jalan santai dikala sore seusai makan, Ini akan memberikan pergerakan pada usus sehingga bisa mengeluarkan angin yang terperangkap didalamnya.

3. Kompres perut dengan air hangat
Kompres disini bukan dengan menggunakan handuk kecil yang direndam dengan air melainkan dilakukan dengan menggunakan botol yang di isi dengan air hangat didalamnya. Silakan anda kompres dengan menggiling-giling perut dengan botol ttersebut, ini dilakukan untuk menghilangkan rasa kembung dalam perut.

4. Minum minuman penghangat tubuh
Cara lain untuk mengecilkann perut kembung secara alami adalah dengan meminum air penghangat tubuh, air penghangat tubuh ini seperti air wedang jahe, susu coklat dll. Minuman ini bisa mendoring gas didalam tubuh untuk keluar bersama dengan angin.

5. Mengatur ritme makanan
Ketika makan sebaiknya jangan cepat-cepat, tetapi makan palan-pelan sambil dikunyah dengn baik sehingga makanan bisa dicerna dengan baik oleh usus.

6. Minuman dan makanan berempah
Sering minum air dengan rempah seperti jahe atau menggunakan rempah-rempah dalam makanan bisa memberikan efek nyaman dalam perut dan menjauhkan perut dari kembung.

7. Perbanyak makan buah-buahan
Buah-buahan adalah makana baik dan sehat untuk dikonsumsi dalam keadaan apapun, buah seperti nanas, berry, melon, anggur, bisa dicerna dengqan mudah oleh tubuh dan bisa menghalau angin dari tubuh. Makanan ini bagus untuk yang sering masuk angin.

8. Konsumsi makanan berserat
Makanan berserat tidak hanya bagus untuk pencernaan tetapi makanan ini bagus untuk mencegah terjadi perut kembung. Makanann berserat bisa bergerak lebih cepat dalam perut sehingga makanan ini bisa mengatasi masalah senbelit dan perut kembung.

9. Minuma cukup air putih
Minum cukup air putih sangat penting untuk kesehatan. Minumlah 8 gelas air putih sehari atau 2 liter, karena tubuh yang dehidra akan menahan air dalam tubuh dan menyebakan tubuh menjadi kembung.

Demikianlah 9 cara mengecilkan perut kembung secara alami yang patut anda coba. Bagi anda yang sering menderita perut kembung sebaiknya catat dan aplikasikan tips kesehatan ini pada diri anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara menghilangkan perut buncit anda