Makanan-Makanan untuk Penderita Diare

Makanan-Makanan untuk Penderita Diare - Diare walaupun bukan penyakit penakutkan tetapi bisa juuga gejala ini memperprah keadaan bagi anda yang tidak menghiraukannya. Diare biasanya ditandai dengan tinja yang berair. Walau sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan diare tetapi faktor makanan tetap saja perlu diperhatikan. Karena banyak makanan yang bisa memperparah keadaan dan bisa memudahkan kesembuhan.

Makanan untuk Penderita Diare
Jadi makanan-makanan yang bagus untuk penderita diare ini cocok untuk anda makan ketika dalam keadaan diare seperti ini. Berikut adalah daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang mengalami diare.

1. Makanan yang rendah serat dan tinggi natrium
Konsumsi makanan yang mampu menahan cairan tubuh. Makanan yang berserat harus dikurangi, walaupun ini bertentangan dengan aturan diet yang menyarankan agar kita mengkonsumsi banyak serat, tetapi dalam keadaan diare makanan banyak serat direkomendasikan untuk dibatasi atau ditinggalkan sebentar, tetapi konsumsi makanan yang tinggi natrium, yaitu makanan yang banyak kadar garamnya sehingga makanan ini bisa menahan cairan dalam tubuh.

2. Hindari makanan berlemak dan tinggi gula
Dalam kondisi sedang diare sebaiknya tidak mengkosnumsi makanan yang mengandung tinggi gula dan lemak. Makanan-makanan ini akan memperparah keadaan anda yang sedang diare.

3. Perbanyak cairan yang mengandung elektrolit
Ketika dalam keadaan mencret atau diare tubuh kehilangan banyak elektrolit, jadi konsumsilah makanan atau minuman yang bisa mencegah kehilangan elektrolit ini. Minum kaldu yang bisa merehidrasi dan menggantikan elektrolit yang hilang.

Hindari minuman jus yang bisa meningkatkan pergerakan pada usus (pencernaan). DIsamping itu, hindari juga minuman yang berkafein seperti kopi, karena minuman ini akan membuat usus teriritasi.

4. Minum Yogurt
Ini adalah makanannya orang diare. Ketika diare tubuh sedang berusaha melepaskan dirinya dari berbagai bakteri jahat dalam tubuh. Jadi dengan minum yogurt berarti kita memasukkan bakteri baik dalam tubuh sehingga membasmi bakteri jahat.

Minuman Yogurt tidak akan sama dengan produk susu lainnya, yogurt mudah dicerna tubuh. Jadi kalau anda sedang diare jangan minum susu karena bisa memperparah diare anda.

5. Diet Berat
Ketika dalam keadaan diare and harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi karena sejumlah makanan bisa memperburuk keadaan dan ada juga makanan yang bisa menyembuhkan diare. Makanan yang bagus dan dikenal sebagai makanan anti diare adalah makanan seperti: pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang (Banana, Rice, Applesauce, and Toast). Makanan-makanan ini mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak akan mmenyebabkan dan menambahkan kondisi kesehatan anda.

Itulah makanan-makanan untuk penderita diare, jadi bagi anda yang sedang dalam keadaan seperti ini, sebaiknya perhatikan cara makan anda dan perhatikan 5 cara yang telah kami jelaskan disini. Semoga saja diare anda cepat sembuh.

Baca juga: Cara Mengobati Diare