Penyakit Asam Lambung, Gejala dan Penyebab

Penyakit Asam Lambung, Gejala dan Penyebab - ini adalah jenis penyakit yang sering sekali diderita kebanyakan orang. Asam lambung ini terjadi karena banyaknya produksi asam dalam lambung, penyakit ini disebut juga dengan sebutan maag. Asam lambung bisa diderita oleh anda yang mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, yaitu makanan-makanan yang kadar keasamannya tinggi.

Penyabab asam lambung ini bisa bermacam-macam. Mulai dari kerja berat, pikirqan tak tenang atau stress, kurang tidur. Bisa juga asam lambung disebabkan oleh kebiasaan minum obat yang memiliki keasaman tinggi saat perut kosong, kebiasaan minum alkohol dan merokok juga bisa menjadi tersangka penyebab penyakit asam lambung.

Penyakit Asam Lambung, Gejala dan Penyebab

Gejala Penyakit Asam Lambung
Asam lambung ini bisa ditandai dengan adanya rasa penuh diperut, adanya rasa begah pada perut merupakan salah satu gejala dari maag atau asam lambung yang mungkin seringkali tidak disadari. Gejala lain dari asam lambung yaitu sering mual, penuh pada perut, kembung perut, bisa juga penderita asam lambung ini merasakan rasa pahit atau asam pada mulut yang disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan yang mendorong naik rasa ini kekerongkongan dan dan mulut, sehingga terasa pahit atau asam.

Makanan yang perlu dihindari ketika asam lambung

1. Coklat
Kalau anda sedang menderita asam lambung sebaiknya anda menjauhi makanan coklat, coklat bisa memperparah keadaan anda, karena mengandung lemak dan kafein.

2. Makanan pedas
Ketika perut kembung anda sangat disarankan untuk menjauhi sambal ataua makanan pedasa lainnya. Makanan pedas bisa meningkatkan asam pada lambung. Disamping itu makanan ini juga bisa memicu rasa terbakar pada perut dan dada serta kerongkongan.

3. Makanan goreng
Makanan gorengan sering menjadi cemilan banyak orang dewasa ini. Tetapi bagi anda yang sedang menderita asam lambung, anda harus menjauhi makanan gorengan. Selain menimbulkan rasa mulas, lemak jenuh yang terkandung didalamnya bisa membuat perut merasa tidak nyaman.

4. Makanan yang berbahan tomat
Tomat memang termasuk makanan sehat, tetapi makanan ini memilkiki tingkat keasaman yang tinggi. Sehingga bagi anda yang mengalami kenaikan asam lambung, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan ini. Makanan berbahan tomat seperti spagetti, dll.
Baca juga: Manfaat yogurt untuk kesehatan
5. Makanan asam
Ini sudah tentu menjadi makanan yang harus dipantang selama kenaikan asam lambung. Makanan-makanan asam seperti jeruk, jeruk nipis, dll bisa menambah penderitaan anda yang seang mengalami asam lambung, jadi sebaiknya hindari makanan yang asam ini. Sebaliknya anda disarankan untuk minum air putih hangat banyak-banyak, ini bisa meredakan asam lambung.

Demikianlah sedikit ulasan tentang asam lambung, semoga saja bermanfaat. Bagi anda yang sedang mengalami kenaikan asam lambung sebaiknya mengetahui ini dan benar-benar memberikan perhatian pada asam lambung anda. Semoga saja cepat sembuh